Rekomendasi Buku Tentang Bisnis, Paling Populer 2024!

Jika Anda masih pemula dalam berbisnis, tak ada salahnya memperkaya ide dan wawasan dengan membaca buku tentang bisnis. Tujuannya agar wawasan Anda tidak berhenti di satu sisi saja, sekaligus menemukan inspirasi baru untuk bersaing dengan kompetitor. 

Mengingat dalam dunia bisnis senantiasa muncul inovasi-inovasi baru, tentu Anda harus mengasah skill dan menimba ilmu dari waktu ke waktu agar tetap relevan di tengah persaingan bisnis. Salah satu caranya yakni dengan membaca buku tentang bisnis pemula yang akan membuka wawasan Anda tentang seluk beluk dunia bisnis.

Buka bertema bisnis ini bisa Anda dapatkan dengan judul yang beragam. Dan di bawah ini kami memiliki sejumlah rekomendasi terbaik yang wajib Anda baca sebelum terjun ke dunia bisnis.

Rekomendasi Buku Tentang Bisnis yang Cocok untuk Calon Pengusaha

Kira-kira buku bisnis best seller Indonesia apa saja yang cocok untuk pemula? Berikut sejumlah rekomendasi buku tentang bisnis yang relevan dengan market bisnis saat ini.

1. Zero to One (Peter Thiel)

Buku berjudul Zero to One, Sumber: pressablecdn.com
Buku berjudul Zero to One, Sumber: pressablecdn.com

Zero to One merupakan bacaan yang membahas tentang bisnis startup namun konten di dalamnya juga dapat diaplikasikan untuk bisnis lainnya. Buku ini ditulis oleh Peter Thiel, co-founder PayPal sebuah perusahaan jasa transfer uang elektronik internasional yang terkenal.

Di dalam buku ini Anda akan menemukan ide-ide bisnis baru tak terduga terutama di bidang startup teknologi yang berkembang pesat. Menariknya, Zero to One memperoleh pujian dari CEO Facebook, Mark Zuckerberg. Jadi, bisa dipastikan materi yang dibahas di dalamnya tidak kaleng-kaleng. 

2. Don’t Make Me Think (Steve Krug)

Bagi Anda yang ingin menekuni bisnis di bidang desain, Don’t Make Me Think tulisan Steve Krug merupakan bahan bacaan ideal. Buku ini telah menjadi acuan banyak desainer dalam menciptakan desain website maupun UX. 

Di dalamnya Anda akan menemukan pengetahuan mengenai struktur homepage hingga menyusun komposisi desain website yang cocok untuk marketing. Bila Anda sedang mencari ide marketing online, tak ada salahnya membaca buku ini. 

3. Originals (Adam Grant)

Originals karya Adam Grant merupakan salah satu buku bisnis best seller Indonesia yang bisa menjadi referensi Anda saat belajar berbisnis. Buku Originals sendiri berisi tentang proses memperjuangkan ide-ide baru yang melawan arus. 

Buku bisnis biasanya cenderung membosankan, namun Originals yang dirilis pada tahun 2016 tidak demikian. Di dalamnya, Adam Grant menggunakan contoh-contoh penerapan ide baru yang potensial untuk berbagai jenis industri sehingga tidak membosankan.

4. What Great Brands Do (Denise Lee Yohn)

Buku tentang bisnis selanjutnya adalah What Great Brands Do karya Denise Lee Yohn. Di dalamnya Denise memaparkan tujuh prinsip utama pencitraan merek yang dilakukan oleh brand-brand besar, termasuk Apple. 

Pengalaman Denise Lee Yohn bekerja sebagai konsultan merek ternama selama bertahun-tahun menjadi inspirasi penulisan buku ini. Tak mengherankan apabila konten bukunya begitu relevan dengan perkembangan bisnis saat ini. Apabila Anda ingin mengembangkan bisnis sehingga menonjol dari pesaing dengan menciptakan merek yang kuat, buku ini adalah pilihan tepat.

5. The Nuclear Effect (Scott Oldford)

Buku The Nuclear Effect, Sumber: thinkfwd.co
Buku The Nuclear Effect, Sumber: thinkfwd.co

Apabila Anda sedang merintis bisnis dari nol, The Nuclear Effect karya Scott Oldford bisa jadi bahan bacaan yang ideal. Buku tentang bisnis pemula ini menawarkan tips-tips dunia usaha yang relevan terutama dalam persaingan yang kian ketat. Menariknya, ilmu di dalamnya dapat diterapkan baik untuk bisnis online maupun offline.

Selama membaca The Nuclear Effect, Anda akan mendapatkan wawasan tentang bagaimana membangun tim, meningkatkan keuntungan hingga menciptakan momentum bisnis. Buku ini juga akan mengajak Anda untuk membangun pola pikir yang matang dalam proses mengembangkan bisnis sebelum terjun ke lapangan. 

6. The 4-Hour Work Week (Tim Ferris)

Rekomendasi buku selanjutnya adalah The 4-Hour Work Week karangan Tim Ferris. Bacaan ini cocok untuk orang-orang yang merasa telah menginvestasikan banyak waktu untuk mengurusi bisnis hingga mengabaikan waktu untuk bersantai. Di dalam buku ini, Tim mengungkapkan pendapatnya mengenai waktu lebih berharga daripada uang. 

Sebagai gambaran, apabila dalam sehari Anda mengurus bisnis selama 8 jam, maka waktu 40 jam dalam seminggu dihabiskan untuk bekerja. Lebih lanjut, Tim akan mengajak Anda mengelola waktu kerja sehingga menjadi 4 jam saja bukan 40 jam. Tentu ini jauh lebih menyenangkan, bukan?

7. Traction (Gino Wickman)

Bagi Anda yang ingin menemukan strategi pengembangan bisnis paling relevan saat ini, buku Traction karya Gino Wickman ini layak dibaca. Ada banyak cara untuk memasarkan produk bisnis, namun tak sedikit pebisnis yang bingung memilih teknik pemasaran terbaik untuk bisnisnya.

Buku ini menawarkan banyak ilmu yang akan membantu Anda memilih strategi pemasaran produk terbaik sesuai dengan target pasar bisnis Anda. Traction menawarkan pendekatan ilmiah dalam proses pengujian berbagai saluran pemasaran bisnis demi menemukan strategi paling efektif tanpa membuang-buang waktu.

Dengan tema yang begitu beragam, tujuh buku tentang bisnis di atas akan mengajak Anda untuk lebih mengenal bagaimana dunia bisnis yang sesungguhnya.

Buku Tentang Bisnis untuk Strategi Pengembangan Bisnis yang Matang

Menambah referensi melalui buku tentang bisnis, Sumber: lavyon.com
Menambah referensi melalui buku tentang bisnis, Sumber: lavyon.com

Informasi yang ada di dalam rekomendasi bacaan di atas bisa menambah wawasan tentang strategi pendirian maupun pengembangan bisnis. Terutama bagi Anda yang baru memulai bisnis dan masih terus mencari panduan untuk memasarkan produk bisnis demi mencapai target pasar. 

Namun informasi dari buku bisnis best seller Indonesia tidaklah cukup apabila Anda ingin melebarkan pangsa pasar bisnis Anda. Pasalnya, proses pengembangan bisnis membutuhkan persiapan yang matang termasuk pendirian perusahaan. Anda membutuhkan konsultan pendirian perusahaan terpercaya untuk mempermudah proses pengembangan bisnis. 

Dengan menggunakan jasa pembuatan CV Kulon Progo, Anda dapat mendirikan perusahaan yang lebih solid dan resmi. Proses pencapaian target pemasaran pun lebih efisien karena konsumen lebih mudah mempercayai produk Anda. 

Jadi, manfaatkan ilmu dari buku tentang bisnis dengan pelayanan jasa pembuatan CV terbaik untuk strategi pengembangan bisnis yang matang!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top