Rekomendasi Film Tentang Bisnis Terbaik, Bisa Jadi Sumber Inspirasi!

Inspirasi dan penyemangat untuk memulai bisnis bisa didapat dari mana saja, termasuk dari banyak film tentang bisnis terbaik. Film seperti ini biasanya mengambil tema masalah sosial dan ekonomi yang relevan di kehidupan sehari-hari. Jadi, tak mengherankan apabila beberapa film tentang pengusaha sukses dari nol diangkat berdasarkan kisah nyata. 

Tak hanya contoh menjadi pebisnis handal, Anda juga dapat memetik berbagai nilai-nilai kehidupan yang penting dari film bisnis kisah nyata. Penasaran apa saja film tentang bisnis terbaru yang mengandung pelajaran penting terkait dunia bisnis?

Rekomendasi Film Tentang Bisnis Terbaik yang Menginspirasi

Rekomendasi film tentang bisnis, Sumber: googleapis.com
Rekomendasi film tentang bisnis, Sumber: googleapis.com

Seperti yang disebutkan sebelumnya, film bisnis bukan hanya menampilkan kisah sukses bisnis saja. Namun juga nilai-nilai hidup yang dapat berpengaruh terhadap mindset sukses Anda.

Coba tonton film-film bertema bisnis berikut ini dan dapatkan inspirasi maupun wawasan baru perihal memulai bisnis dari nol. 

1. The Founder (2016)

The Founder menjadi salah satu film bisnis kisah nyata yang menceritakan sejarah perusahaan multinasional McDonald. Film ini menggambarkan kisah sosok Ray Kroc yang berkontribusi dalam perkembangan McDonald hingga bisa sukses seperti saat ini. 

Selain menceritakan strategi  mencapai kesuksesannya, film ini juga bercerita tentang nasib suram pemilik asli McDonald. Bagaimana perjalanan hingga ia bisa mencapai titik kesuksesan bisnisnya dengan cukup letih.

2. The Billionaire (2011)

The Billionaire merupakan film asal Thailand yang dirilis pada tahun 2011 lalu. Film ini berkisah tentang kehidupan seorang pemuda bernama Aitthipat (Peach Pachara). Dalam film ini, Aitthipat bermimpi bisa sukses dari berbisnis. Namun untuk mewujudkan impian tersebut tidaklah mudah karena ia harus mengalami sejumlah kegagalan dan kerugian yang tak sedikit. 

Permasalahan bisnisnya semakin pelik ketika kondisi ekonomi keluarganya juga semakin terpuruk. Kisah Aitthipat dalam mencapai kesuksesan benar-benar lekat dengan kehidupan nyata. Di sekitar kita cukup banyak pebisnis harus berkali-kali gagal dan merugi terlebih dahulu sebelum mencapai kesuksesan.

3. The Pursuit of Happyness (2006)

Film The Pursuit of Happiness, Sumber: chrisgardnermedia.com
Film The Pursuit of Happiness, Sumber: chrisgardnermedia.com

The Pursuit of Happyness (2006) menjadi salah satu film tentang bisnis terbaik yang meraih banyak penghargaan, termasuk nominasi Piala Oscar. Film ini berkisah tentang Chris Gardner (Will Smith) yang bertahan hidup bersama anaknya di tengah perjuangannya meniti karir sebagai salesman.

Di sepanjang film, penonton akan disajikan kisah kegigihan Chris sebelum mencapai kesuksesan bahkan hingga menjadi tunawisma. Tak kunjung berhasil sebagai salesman, Chris pun banting setir bekerja di perusahaan pialang. Perusahaan tersebut menjadi awal mula Chris berhasil meraih kesuksesan yang dia impikan.

4. The Social Network (2009)

The Social Network berkisah tentang sejarah berdirinya media sosial Facebook. Film yang digarap oleh sutradara David Fincher ini menyoroti bagaimana Mark Zuckerberg membangun bisnis sosial medianya. 

Sepanjang film Anda akan disajikan alur cerita seru dan menegangkan tentang konflik-konflik yang muncul selama penggarapan proyek Facebook. Berbagai rintangan yang dihadapi Mark pun ditampilkan secara apik dengan pendalaman karakter yang menawan.

5. Thank You For Smoking (2005)

Thank You For Smoking bercerita tentang seorang lobbyist, Nick Taylor yang berusaha membela keputusan perusahaan sembari menjadi panutan bagi anaknya. Tentu tidak ada yang mudah dalam perjalanan tersebut. Berbagai tantangan dan konflik harus dihadapi dengan tenang untuk menunjukkan bagaimana seorang panutan seharusnya bertindak.

Film yang dibintangi oleh Aaron Eckhart ini sangat cocok ditonton bila Anda ingin mempelajari marketing konvensional, sales, dan strategi bisnis.

6. Jobs (2013)

Film Jobs (2013), Sumber: catchplay.com
Film Jobs (2013), Sumber: catchplay.com

Film bisnis kisah nyata lainnya yang menginspirasi adalah Jobs yang dibintangi oleh Ashton Kutcher. Film yang bercerita tentang salah satu founder Apple, Steve Jobs ini penuh dengan lika-liku. 

Berkat penyampaian dari sebuah kisah nyata yang cukup menegangkan, kisahnya sangat menginspirasi. Terutama bagi calon pebisnis yang ingin memulai bisnis dari nol atau belum menemukan tujuan bisnisnya. 

7. The Inventor (2019)

Film tentang bisnis terbaru yakni The Inventor: Out for Blood in Silicon Valley, sebuah film dokumenter tentang perusahaan biotech Theranos. Dalam film ini diceritakan para pemimpin Theranos yakni Elizabeth Holmes dan Sunny Balwani melakukan praktik bisnis yang kotor. 

Alih-alih terkenal akan inovasi teknologinya, kebusukan di dalam manajemen Theranos pun lambat laun terkuak di hadapan publik. Film ini mengingatkan para penonton agar tidak mudah tergoda dengan janji-janji korporasi yang tidak realistis.  

8. Erin Brockovich (2000)

Erin Brockovich yang dibintangi oleh Julia Roberts merupakan salah satu film tentang bisnis terbaik yang berfokus pada perjuangan wanita. Dalam film ini, dikisahkan seorang wanita bernama Erin yang memperjuangkan keadilan bagi korban pencemaran air oleh perusahaan besar. 

Keberanian tokoh Erin dalam memperjuangkan kebenaran akan menginspirasi penonton yang sedang berjuang memulai bisnis. Selain menampilkan kegigihan wanita dalam melawan ketidakadilan, film ini juga menunjukkan pentingnya etika dalam menjalankan bisnis apapun.

9. Chef (2014)

Film berjudul Chef, Sumber: tvguide.com
Film berjudul Chef, Sumber: tvguide.com

Jika Anda ingin menonton film tentang pengusaha sukses dari nol yang ringan, Chef adalah pilihan tepat. Film ini berkisah tentang seorang chef restoran yang memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya dan memulai bisnisnya dari nol. 

Karakter utama dalam film ini, memulai bisnis kulinernya dengan menggunakan truk sembari berkeliling negara. Cukup banyak inspirasi yang bisa Anda dapatkan dari film yang dibintangi oleh Jon Favreau ini. Termasuk motivasi dan keberanian untuk keluar dari zona nyaman dan mengikuti kata hati untuk mewujudkan karir yang diimpikan.

Tonton Film Tentang Bisnis Terbaik dan Bangun Bisnis Sekarang!

Mendirikan PT untuk bisnis, Sumber: faspay.com
Membangun bisnis, Sumber: faspay.com

Rekomendasi film tentang bisnis di atas selayaknya menjadi gambaran bagaimana memulai bisnis dari nol dan memahami pentingnya legalitas usaha. Setiap bisnis pasti memiliki berbagai jenis risiko usaha tersendiri. Namun dengan mempersiapkan legalitas usaha, Anda dapat menghindari berbagai hambatan yang kemungkinan muncul saat memulai bisnis.

Di samping itu, Anda pun harus membangun tim yang solid saat memulai bisnis. Dalam hal ini tim jasa pembuatan PT Jogja terpercaya siap membantu Anda dalam mempersiapkan legalitas usaha. 

Tim Legal Jogja juga menyediakan dukungan lainnya yang dibutuhkan untuk mewujudkan bisnis impian Anda. Dengan begitu Anda tak akan ragu lagi mengambil risiko untuk bisnis seperti halnya tokoh utama di film tentang bisnis terbaik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top