Memulai Bisnis Travel Wisata, Masihkah Ada Peluang?

Jika disimak, saat ini berwisata menjadi salah satu bagian dari gaya hidup. Tidak hanya untuk melepas penat semata, banyak kalangan yang menjadikan wisata sebagai bagian dari aktivitas bersama keluarga. Pangsa pasar yang besar inilah yang membuat kenapa cukup banyak pihak yang memulai bisnis travel wisata.

Tidak dimungkiri memang jika bisnis travel wisata menjadi salah satu ide bisnis yang cukup menjanjikan saat ini. Hanya saja, sebagaimana ide bisnis lainnya, bisnis travel wisata pun memiliki cukup banyak tantangan. Lebih-lebih, agen travel wisata pun saat ini sudah sangat banyak dengan tawaran paket wisata yang beraneka ragam.

Lantas, masihkah ada peluang untuk memulai bisnis travel wisata baru saat ini?

Kenapa Bisnis Travel Wisata Menjanjikan?

Bisnis agensi travel menjanjikan, Sumber: cekindo.com
Bisnis agensi travel menjanjikan, Sumber: cekindo.com

Sebelum membahas lebih lanjut terkait peluang bisnis travel wisata saat ini, salah satu pertanyaan yang kerap menjadi alasan pebisnis memulai ide bisnis ini adalah kenapa bisnis travel begitu menjanjikan.

Disadari atau tidak, saat ini kebutuhan wisata masyarakat secara umum terus meningkat. Sebagaimana disinggung di awal, berwisata kini bukan lagi sebagai penawar penat karena pekerjaan. Fungsi wisata telah bergeser menjadi sebuah gaya hidup yang artinya intensitas masyarakat berwisata pun akan semakin tinggi.

Tak hanya itu, keinginan masyarakat untuk berwisata juga ditunjang dengan fakta bahwa pemerintah cukup gencar mempromosikan destinasi wisata yang ada di daerahnya. Promosi yang gencar di satu sisi akan membuat rasa penasaran masyarakat meningkat sehingga tertarik untuk berwisata ke destinasi tertentu. 

Juga, bertambahnya hal penunjang wisata menjadi alasan lain kenapa ide bisnis ini sangat menjanjikan. Tak hanya jalur lalu lintas menuju tempat wisata yang banyak diperbaiki, berbagai fasilitas penunjang seperti rest area, berbagai restoran dan lainnya pun tersedia untuk memanjakan wisatawan. 

Anda pun tidak harus memiliki kantor untuk menjalankan bisnis ini. Dengan konsep bisnis travel rumahan, Anda cukup sewa kantor virtual untuk penunjang operasional. 

Persaingan Cukup Sengit, Bisnis Travel Wisata Masih Ada Peluang?

Persaingan bisnis travel, Sumber: liputan6.com
Persaingan bisnis travel, Sumber: liputan6.com

Memang, persaingan bisnis yang cukup sengit membuat banyak kalangan yang maju mundur untuk memulai bisnis travel wisata. Namun, meskipun terdapat persaingan yang cukup ketat, peluang bisnis di bidang ini sebenarnya masih cukup terbuka. Hanya saja, Anda memang harus memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan kompetitor lainnya.

Ada beberapa strategi yang bisa diterapkan untuk memulai bisnis travel wisata dan mendapatkan lebih banyak pelanggan. Beberapa diantaranya adalah:

1. Harga yang Bersaing

Disadari atau tidak, harga memang masih menjadi salah satu pertimbangan penting ketika seseorang hendak memilih travel wisata. Sebagaimana umumnya, pelanggan pasti mencari layanan termurah dengan kualitas layanan yang baik.

Anda memang tidak bisa mencegah hukum alam tersebut. Namun, tentu saja, untuk tetap mendapatkan profit yang optimal, Anda bisa melakukan penyesuaian dengan menyusun OKR dan rencana bisnis yang matang.

Terkait hal ini, pastikan Anda menawarkan harga layanan yang bersaing dengan kompetitor. Bisa saja harga layanan Anda sedikit lebih mahal dibandingkan dengan kompetitor. Namun, sebagai nilai plus, Anda bisa memasukkan layanan lainnya yang menarik.

2. Menawarkan Destinasi Wisata Baru

Cukup banyak wisatawan yang ingin mencoba berlibur di tempat baru dan merasa bosan dengan destinasi wisata yang mainstream. Nah, Anda bisa menangkap poin ini sebagai salah satu strategi memulai bisnis travel wisata yang baru.

Oleh karenanya, cobalah untuk mengeksplorasi dan mencari tahu destinasi wisata baru apa saja yang ada di area bisnis Anda. Tidak hanya itu, Anda sebaiknya juga mencari tahu destinasi wisata yang masih tersembunyi dan belum banyak dijamah wisatawan lain.

Dengan strategi ini, selain pelanggan nantinya merasa senang karena mendapatkan pengalaman baru, ada kesan eksklusif yang didapatkan pelanggan ketika berlibur. 

3. Sediakan Opsi Paket Wisata Custom

Biasanya, travel wisata sudah menetapkan beberapa opsi paket wisata tertentu. Hal ini umumnya dilakukan dengan menghitung biaya akomodasi dan persentase profit yang didapatkan.

Praktek semacam itu sebenarnya memang lumrah saja. Namun, untuk Anda yang baru hendak memulai bisnis travel wisata, ada baiknya jika Anda menawarkan hal yang sedikit berbeda.

Menyediakan opsi paket wisata custom menjadi ide yang cukup menarik. Dengan opsi ini, maka pelanggan nantinya bisa memilih destinasi wisata mana saja yang ingin mereka kunjungi. Dari hitungan bisnis, sebenarnya potensi untuk mendapatkan keuntungan bisnis travel yang lebih banyak dari konsep ini pun cukup terbuka. 

Beberapa poin di atas adalah ragam strategi yang bisa Anda terapkan ketika hendak memulai bisnis travel rumahan. Sebagai tambahan, ada baiknya jika Anda juga mengurus legalitas bisnis untuk mendapatkan kredibilitas dan kepercayaan yang lebih tinggi.

Urus Legalitas Bisnis Anda di Legal Jogja!

Jasa Pembuatan PT Jogja, Sumber: legaljogja.com
Jasa Pembuatan PT Jogja, Sumber: legaljogja.com

Dalam manajemen bisnis travel, pentingnya legalitas usaha tidak boleh disepelekan. Dengan legalitas yang dimiliki, Anda nantinya akan lebih mudah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak terkait bisnis travel wisata yang Anda jalankan.

Tidak hanya itu, ketika hendak menawarkan proposal ke berbagai instansi pun, peluang untuk mendapatkan pelanggan baru cenderung lebih besar. Pasalnya, legalitas yang dimiliki menunjukkan bahwa bisnis Anda sehat dan bukan bisnis travel abal-abal.

Nah, berkaitan dengan legalitas bisnis travel wisata, Legal Jogja siap menjadi mitra untuk membantu pengurusan. Dikenal sebagai penyedia jasa pembuatan PT Kulon Progo, kami siap mengurus berbagai proses legalitas perusahaan dari awal hingga akhir. Selain cepat, biaya yang kami tawarkan pun cukup terjangkau!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top