Memulai Bisnis Coworking Space, Ini Tips agar Untung!

Pasca pandemi, konsep work from home atau work from anywhere berkembang dengan cukup signifikan. Banyak perusahaan yang menerapkan konsep ini demi meningkatkan produktivitas kerja. Nah, sejalan dengan perubahan gaya kerja tersebut, bisnis coworking space bermunculan dan menjadi trend

Dalam pengertian singkat, coworking space merupakan tempat yang menyediakan berbagai fasilitas sehingga bisa dijadikan ‘ruang’ kerja bagi karyawan yang tidak harus oergi ke kantor. Dengan ruang yang lebih luas, para karyawan akan mendapatkan suasana berbeda yang dampaknya cukup signifikan pada peningkatan fokus dan produktivitas.

Nah, jika dipandang dari kacamata bisnis, apakah bisnis coworking space ini tepat untuk dijalankan dan bagaimana caranya agar mendapatkan keuntungan dalam waktu relatif singkat?

Bisnis Coworking Space, Kenapa Menjanjikan?

Konsep coworking space, Sumber: medium.com
Konsep coworking space, Sumber: medium.com

Jika ditelusuri, bisnis coworking space merupakan bisnis yang relatif masih baru. Bisnis ini barangkali muncul bersamaan dengan banyaknya bisnis sewa kantor virtual yang juga berkembang dengan cukup pesat.

Meskipun merupakan bisnis yang masih baru, pendirian coworking space termasuk salah satu bisnis yang cukup menjanjikan untuk saat ini. Tentu saja, ada beberapa alasan yang mendasari kenapa bisnis ini cocok untuk dibuka dan dijalankan.

Arah perusahaan yang serba digital dan online menjadi landasan kenapa bisnis ini menjadi bisnis yang menjanjikan. Saat ini, perusahaan tidak lagi terikat dengan kantor secara fisik sehingga para karyawan bisa bekerja di mana saja, termasuk di coworking space yang menyediakan fasilitas lengkap.

Selain itu, perubahan gaya hidup masyarakat secara umum yang memerlukan ruang kerja nyaman serta jauh dari kesan monoton membuat ide bisnis ini pas untuk dicoba. Dengan konsep coworking space yang unik dan nyaman, rasanya tidak terlalu susah untuk mendapatkan pelanggan yang loyal dalam waktu dekat. 

Tips Memulai Bisnis Coworking Space Agar Sukses

Memulai bisnis coworking space, Sumber: iba.online
Memulai bisnis coworking space, Sumber: iba.online

Meskipun secara umum peluang bisnis ini cukup terbuka, namun perkembangannya yang cukup masif menghadirkan persaingan yang tak bisa dihindari. Oleh karenanya, ketika Anda memutuskan untuk menjalankan bisnis ini, Anda perlu melakukan persiapan yang matang dan terperinci.

Terkait hal ini, ada beberapa tips mendasar yang perlu Anda perhatikan ketika hendak memulai bisnis coworking space hingga stabil dan mendapatkan keuntungan optimal. Beberapa tips yang dimaksud diantaranya:

1. Menetapkan Visi Bisnis yang Jelas

Sebelum membuka bisnis ini, Anda perlu merumuskan visi bisnis yang jelas terlebih dahulu. Ini adalah poin yang cukup krusial karena visi akan membantu Anda menjalankan bisnis ini nantinya. Cukup banyak bisnis sejenis yang gagal karena mereka tidak memiliki visi sebagai alat kontrol.

Terkait visi bisnis, Anda bisa menetapkan target konsumen secara terperinci. Serta, strategi utama apa yang akan digunakan untuk menjaring target konsumen tersebut, misalnya seperti penggunaan kartu member untuk membangun loyalitas atau lainnya. 

Dengan visi bisnis yang jelas, Anda nantinya akan memiliki patokan untuk melangkah. Meskipun, bisa saja, visi yang sudah dicanangkan di awal nantinya diubah di tengah jalan untuk menyesuaikan kondisi bisnis secara riil. 

2. Menemukan Properti yang Tepat

Agar bisnis yang Anda mulai bisa berjalan dengan lancar hingga mendapatkan keuntungan, maka Anda perlu menemukan properti yang tepat. Properti yang dimaksud bukan hanya fasilitas seperti meja, kursi atau lainnya melainkan bangunan coworking space secara utuh.

Perlu dipahami bahwa daya tarik bisnis coworking space adalah pada kenyamanan yang ditawarkan. Artinya, Anda harus memiliki bangunan yang nyaman untuk digunakan. 

Cobalah cari bangunan yang sesuai, terutama dari segi luas dan juga konsep bangunan yang digunakan. Selain itu, pilih bangunan yang terletak di lokasi yang strategis untuk memudahkan akses.

3. Membangun Tim yang Ideal

Tidak hanya menyediakan lokasi coworking space yang strategi dan juga nyaman, Anda perlu membangun tim bisnis yang ideal dan kuat. Ini merupakan poin yang sangat krusial karena tim secara langsung akan berpengaruh pada bagaimana operasional kerja bisnis Anda akan berjalan.

Terkait hal ini, berusahalah untuk memilih orang yang ideal dan tepat untuk menjalankan bisnis Anda. Tidak masalah jika Anda perlu beberapa waktu untuk merumuskan tim yang lengkap karena hal ini lebih berguna daripada asal melakukan perekrutan.

Selain beberapa tips bisnis coworking space di atas, agar bisnis Anda berjalan lancar dan menguntungkan, pastikan Anda menawarkan layanan terbaik dan memuaskan, seperti ruang yang nyaman, internet cepat, menu yang lengkap dan lainnya. Serta, jangan lupakan perihal legalitas bisnis untuk menghindari permasalahan dengan pemerintah. 

Urus Legalitas Bisnis Coworking Space Anda di Legal Jogja!

Legalitas usaha, Sumber: majoo.id
Pengurusan legalitas usaha, Sumber: majoo.id

Jika dijalankan dengan serius, keuntungan bisnis ini bisa dikatakan cukup menjanjikan. Hanya saja, tentu, agar bisnis Anda berjalan tanpa adanya gangguan, maka aspek legalitas harus diupayakan dan dilengkapi.

Terkait hal ini, Legal Jogja siap membantu Anda untuk mengurus legalitas bisnis coworking space dari awal hingga selesai. Sebagai penyedia jasa pembuatan CV Kulon Progo, kami memiliki komitmen kuat untuk membantu UMKM bertumbuh lebih baik.

Untuk pembuatan CV, Anda tinggal menyerahkan beberapa berkas yang diperlukan. Nantinya, tim kami yang berpengalaman akan mengerjakannya untuk Anda dan menyelesaikannya dalam waktu yang relatif singkat.

Tidak hanya itu, kami juga merupakan konsultan pendirian perusahaan yang bisa diandalkan. Jika Anda memiliki pertanyaan perihal pendirian bisnis coworking space, termasuk strategi bisnis apa yang tepat, Anda bisa menghubungi kami untuk berdiskusi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top