Memakai Konsultan Pendirian Perusahaan, Perlu Nggak Sih?

Mendirikan perusahaan membutuhkan banyak hal yang perlu dipersiapkan. Tidak hanya pada satu hal saja, misalnya seperti modal. Lebih dari itu, dimana perusahaan membutuhkan perencanaan jangka panjang. Dalam merencanakannya, konsultan pendirian perusahaan bisa membantu.

Bila Anda ketahui, perusahaan bisa didirikan dalam bentuk PT dan CV. Keduanya memiliki perbedaan perihal pengelolaan perusahaan. Jika salah memilih, tentu bisa berdampak pada kinerja perusahaan. Di sinilah peran seorang konsultan diperlukan.

Lantas, apa saja peran konsultan dalam pendirian perusahaan? Serta, apakah jasanya diperlukan?

Apa Itu Konsultan Pendirian Perusahaan?

Konsultan Pendirian Perusahaan, Sumber: proconsult.id
Konsultan Pendirian Perusahaan, Sumber: proconsult.id

Konsultan pendirian perusahaan adalah pekerjaan yang menyediakan jasa konsultasi. Terkait konsultasi yang diberikan, sesuai dengan keahlian yang dimiliki yaitu pendirian perusahaan. 

Memiliki peran dan tugas membantu mereka yang ingin mendirikan perusahaan. Baik dari segi perencanaan hingga hal teknis yang perlu dilakukan. Dengan begitu, perusahaan dapat didirikan dan memiliki legalitas atas bisnis yang dijalankan.

Manfaat Menggunakan Konsultan untuk Pendirian Perusahaan

Menggunakan konsultan untuk pendirian badan usaha tentu ada manfaatnya. Bagi Anda seorang pebisnis yang ingin mendirikan perusahaan, perlu mengetahuinya. Karena ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Lalu, apa saja manfaat menggunakan konsultan? Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Proses pendirian perusahaan tidak membutuhkan waktu yang lama
  • Membantu membuat perencanaan jangka panjang perusahaan agar dapat sustainable
  • Memberikan arahan mengenai perusahaan yang ideal dan strategi pengembangan bisnis
  • Meringankan beban kerja 
  • Membantu dalam memunculkan ide-ide yang inovatif
  • Memberikan solusi atas permasalahan yang belum terpecahkan

Dari manfaat yang telah dijelaskan di atas, tentunya jasa konsultan sangat membantu dalam pendirian perusahaan. Oleh karenanya, menggunakan jasa konsultan adalah pilihan yang tepat. 

Konsultan Pendirian Perusahaan, Perlukah Digunakan?

Mulai dari persyaratan, perizinan, hingga pendirian perusahaan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Artinya, ada berbagai proses dan tahapan yang perlu dilalui. Hal ini akan menjadi sulit, bila dilakukan sendiri dan tidak didampingi tenaga ahli.

Inilah yang menjadi alasan kenapa perlu untuk menggunakan konsultan pendirian perusahaan. Karena sudah bisa dipastikan, bahwa pendirian perusahaan membutuhkan  jasa konsultasi.

Dengan begitu, proses pendirian perusahaan dapat berjalan lancar. Serta, dari sisi pengguna jasa konsultan, menjadi tidak terlalu terbebani. Melihat pengurusan pendirian perusahaan tidak sesimpel apa yang dipikirkan.

Cara Memilih Konsultan Pendirian Perusahaan Terpercaya

Memilih Konsultan Pendirian Perusahaan Terpercaya, Sumber: goufconsulting.com
Memilih Konsultan Pendirian Perusahaan Terpercaya, Sumber: goufconsulting.com

Dalam memilih konsultan, perlu dicermati dengan baik. Jangan asal pilih, karena bisa berpengaruh pada proses pendirian perusahaan. Jadi, usahakan memilih konsultan yang terpercaya dan berpengalaman di bidangnya.

Agar Anda tidak salah memilih konsultan pendirian perusahaan. Berikut ini beberapa caranya yang bisa diikuti: 

1. Melakukan Pengecekan Legalitas

Jasa konsultan untuk pendirian perusahaan penting untuk dicek legalitasnya. Mulai dari izin, memiliki dokumen legalitas usaha hingga terdaftar sebagai perusahaan konsultan. Tujuannya agar dapat terhindar dari bahaya penipuan.

Tidak hanya itu saja, konsultasi pendirian perusahaan juga dapat dipertanggung jawabkan. Karena semua hal yang dilakukan memiliki aturan dan sesuai dengan hukum yang berlaku. Jadi, tindakan penipuan dan mengalami kerugian dapat terhindarkan.

2. Mempunyai Reputasi yang Baik

Konsultan perlu memiliki reputasi yang baik. Hal ini berkaitan dengan kepercayaan client terhadap jasa konsultasi. Penting untuk dijadikan sebagai pertimbangan, saat memilih konsultan untuk pendirian perusahaan.

Oleh karena itu, jangan sampai mudah diiming-imingi dengan berbagai hal. Bisa jadi, hal tersebut dilakukan untuk menutupi reputasi. Jadi, pastikan kembali bahwa konsultan yang dipilih memiliki reputasi yang baik.

3. Memiliki Portofolio yang Menunjukkan Keahlian

Pengalaman konsultan dilihat dari portofolio yang dimiliki. Tidak hanya pengalaman, keahlian yang dimiliki konsultan pun dapat dinilai. Bila ingin mendirikan perusahaan, tentunya konsultan berpengalaman menjadi pilihannya.

Dari portofolio yang dimiliki, dapat dilihat berapa banyak client yang sudah dibantu. Semakin banyak client, menunjukkan bahwa konsultan telah berpengalaman. Serta, ahli dalam menangani berbagai hal berkaitan dengan pendirian perusahaan.

4. Harga Jasa Ditawarkan Sesuai Kualitas

Memilih konsultan pendirian badan usaha penting juga dilihat dari harga yang ditawarkan. Hal ini bisa digunakan sebagai indikator untuk menilai kualitas layanan. Bila memberikan kualitas layanan yang bagus, tentunya harga yang ditawarkan akan sesuai.

Melakukan cara ini perlu kecermatan, karena terkadang harga akan lebih dulu ditawarkan. Setelah itu, baru akan terlihat ketika sudah mulai melakukan konsultasi. Jadi, ada baiknya pastikan lebih dulu layanan yang diberikan, sebelum penawaran harga jasa.

5. Komunikasi dan Penyampaian yang Mudah Dipahami 

Hal yang akan banyak dilakukan bila menggunakan konsultan adalah komunikasi. Berkaitan dengan semua hal tentang pendirian perusahaan. Mulai dari perencanaan, perizinan, hingga berdirinya perusahaan. 

Komunikasi menjadi unsur penting saat kegiatan konsultasi mulai dilakukan. Jadi, pastikan konsultan yang dipilih, mempunyai kemampuan komunikasi yang baik. Dengan begitu, setiap hal yang disampaikan mudah dipahami.

6. Mampu Memahami Apa yang Dibutuhkan Client

Setiap pendirian perusahaan, tentunya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Carilah konsultan yang bisa memahami dari setiap hal yang dibutuhkan. Karena hal ini, memiliki kaitannya dengan bertahannya perusahaan saat sudah diberdirikan.

Untuk dapat mengetahui konsultan memiliki kemampuan tersebut. Coba sampaikan mengenai tujuan mendirikan perusahaan. Bila konsultan bisa menyampaikan terkait apa yang dibutuhkan, maka tidak salah memilihnya.

Walaupun konsultan sudah terkenal dengan keahlian yang dimiliki. Akan tetapi, memilih yang terpercaya dan berpengalaman lebih diutamakan. Untuk melakukannya, tentu bukanlah hal yang sulit, karena Anda sudah tahu cara memilihnya.

Legal Jogja Menyediakan Jasa Pembuatan PT Tanpa Ribet!

Jasa Pembuatan PT Jogja, Sumber: legaljogja.com
Jasa Pembuatan PT Jogja, Sumber: legaljogja.com

Konsultan pendirian perusahaan hanya menyediakan jasa konsultasi saja. Terkait hal selanjutnya, pengurusan berkas hingga pengajuan dilakukan oleh pihak perusahaan.

Bila Anda tidak ingin ribet mengurusnya, bisa serahkan pada Legal Jogja. Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pembuatan PT Jogja dan sekitarnya. Tidak perlu khawatir, karena kami telah berpengalaman dan terpercaya mengurus pendirian perusahaan.

Sebelum pembuatan PT, Anda juga bisa konsultasikan terlebih dahulu terkait hal apa saja yang diperlukan. Dengan Legal Jogja, pendirian perusahaan tidak perlu ribet dan menunggu waktu yang lama!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top