Sistem Penjualan Konsinyasi, Ternyata Begitu Mudah dan Menguntungkan!

Bagi pebisnis, memilih sistem penjualan yang tepat menjadi salah satu strategi yang cukup krusial. Dengan sistem yang sesuai, bukan tidak mungkin pengembangan bisnis bisa dilakukan dengan lebih terstruktur. Nah, sistem penjualan konsinyasi menjadi opsi yang cukup menarik untuk dicoba.

Pernah mendengar tentang sistem konsinyasi sebelumnya? 

Secara singkat, sistem konsinyasi adalah perjanjian yang dilakukan di antara pemilik barang atau consignor dan pihak yang dititipi barang atau consignee. Sistem ini sudah cukup populer dan banyak diterapkan pada berbagai jenis bisnis seperti bidang makanan, elektronik dan lainnya. 

Namun, apa yang menjadi keuntungan dari sistem ini?

Kelebihan Sistem Konsinyasi bagi Consignor 

Sistem Konsinyasi bagi Consignor, Sumber: bee.id
Sistem Konsinyasi bagi Consignor, Sumber: bee.id

Bagi pemilik barang atau consignor, sistem penjualan konsinyasi yang diterapkan akan memberikan cukup banyak keuntungan. Beberapa diantaranya adalah:

1. Memperluas Jangkauan Pasar

Salah satu keuntungan yang didapatkan consignor terkait penerapan sistem konsinyasi adalah jangkauan pasar yang jauh lebih luas dibandingkan sebelumnya. Hal ini dikarenakan dengan sistem ini, persebaran produk yang dimiliki akan jauh lebih luas. Terlebih, jika jumlah agen yang bekerjasama tersebar di wilayah yang berbeda.

Tidak hanya itu, selain jangkauan pasar yang lebih luas, sistem penjualan ini pun akan menghemat biaya promosi. Anda sebagai pemilik barang tidak perlu mengalokasikan biaya tambahan untuk iklan karena consignee nantinya akan turut mempromosikan produk yang Anda miliki.

2. Lebih Hemat Perihal SDM

Dalam penerapan strategi pengembangan bisnis, bisa dikatakan ada peran SDM yang begitu krusial. SDM yang cakap dan memadai tentu akan membuat manajemen bisnis berjalan dengan baik dan tidak menutup kemungkinan perkembangan bisnis bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Nah, sistem penjualan konsinyasi sangat menunjang strategi pengembangan bisnis ini. Pasalnya, dengan sistem konsinyasi, Anda tidak perlu melayani konsumen secara langsung ataupun mempromosikan produk secara langsung. Hal ini dikarenakan produk yang Anda miliki akan diurus oleh consignee.

Dengan konsep tersebut, Anda tidak perlu mengerahkan SDM dalam jumlah yang banyak. Pun demikian pula Anda bisa menghemat anggaran untuk pelayanan.

3. Fokus pada Produk

Hal lain yang juga menjadi kelebihan sistem penjualan konsinyasi bagi consignor adalah Anda sebagai pebisnis bisa lebih fokus pada produk. Hal ini dikarenakan masalah promosi dan pelayanan konsumen sudah terbantu oleh partner yang bekerjasama.

Dengan waktu fokus yang lebih pada produk sendiri, Anda nantinya akan memiliki kesempatan yang lebih banyak untuk melakukan inovasi pada produk tersebut. Dengan inovasi yang dilakukan, bukan tidak mungkin bisnis Anda nantinya akan lebih sustainable dan bisa mengikuti tren yang berkembang di antara target market. 

Kelebihan Sistem Konsinyasi bagi Consignee

Sistem Konsinyasi bagi Consignee, Sumber: amazonaws.com
Sistem Konsinyasi bagi Consignee, Sumber: amazonaws.com

Bagi penyalur atau consignee, sistem konsinyasi bisa menjadi salah satu strategi memulai bisnis yang dijalankan. Ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan dalam penerapannya. Beberapa diantaranya adalah:

1. Modal yang Lebih Minim

Modal menjadi salah satu masalah bagi seseorang yang hendak memulai bisnis. Alih-alih mencari hutang untuk modal awal, memilih sistem konsinyasi bisa dijadikan opsi yang tepat. 

Pasalnya, sistem penjualan ini akan membantu Anda untuk mendapatkan produk yang bisa dijual tanpa mengeluarkan modal. Hal ini dikarenakan sistem ini bekerja dengan penambahan harga dari harga produsen di mana tambahan harga tersebut yang akan menjadi keuntungan. 

2. Risiko yang Lebih Kecil

Setiap bisnis memang tidak lepas dari adanya risiko yang bisa menghadang. Hanya saja, sistem penjualan konsinyasi bisa dikatakan memiliki risiko bisnis yang jauh lebih kecil. Terutama pada kondisi di mana produk yang dijual ternyata kalah saing dan tidak laku. 

Ketika produk yang dijajakan tidak laku, maka consignee tidak akan mengalami kerugian. Hal ini dikarenakan ia tidak mengeluarkan modal awal untuk memulai bisnis. Hanya saja, jika kondisi ini terjadi, maka tingkat keuntungan yang didapatkan akan berkurang.

3. Produk yang Lebih Beragam

Satu lagi kelebihan dari sistem penjualan konsinyasi bagi consignee adalah ia akan mendapatkan produk yang lebih beragam. Tentu, hal ini cukup menggembirakan karena nantinya Anda sebagai consignee akan memiliki lebih banyak produk untuk dijual. Bukan tidak mungkin peluang mendapatkan pelanggan pun akan semakin terbuka. 

Tidak hanya itu, dengan adanya produk yang lebih beragam di etalase jualan, kredibilitas bisnis Anda pun secara tidak langsung juga akan meningkat. Kredibilitas bisnis ini sangat penting karena akan mempengaruhi tingkat kepercayaan konsumen. 

Dari beberapa poin di atas, bisa dikatakan bahwa sistem penjualan konsinyasi memiliki cukup banyak keuntungan bagi kedua belah pihak. Hanya saja, tentu, ada kekurangan sistem konsinyasi yang harus diketahui, terutama perihal mekanisme pembagian keuntungan yang terkadang menjadi batu sandungan.

Perkuat Bisnis dengan Mengurus Legalitas di Legal Jogja

Jasa Pembuatan PT Jogja, Sumber: legaljogja.com
Jasa pengurusan legalitas badan usaha, Sumber: legaljogja.com

Meskipun Anda menjalankan sistem penjualan konsinyasi, masalah legalitas bisnis harus senantiasa diperhatikan. Pasalnya, legalitas bisnis akan memudahkan Anda untuk melakukan pengurusan aturan pajak CV ataupun mengurus perjanjian dengan berbagai pihak terkait lainnya.

Nah, Legal Jogja siap membantu Anda mengurus legalitas bisnis termasuk pendirian CV. Dengan keahlian dan pengalaman yang dimiliki, kami siap membantu proses pendirian CV dari awal hingga akhir tanpa ribet.

Tidak hanya itu, dikenal sebagai penyedia jasa pembuatan CV Sleman dan wilayah sekitar Jogja lainnya, kami senantiasa berorientasi pada kepuasan pelanggan. Tidak hanya mempercepat waktu pengurusan pembuatan CV saja, namun kami senantiasa menyediakan layanan dengan memastikan biaya yang terjangkau. 

Jadi, tunggu apalagi, segera konsultasikan kebutuhan Anda dan kami akan membantu!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top