5 Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Paling Efektif!

Seiring persaingan bisnis UMKM yang bertambah ketat dari waktu ke waktu, strategi pengembangan bisnis yang tepat mutlak diperlukan. Bisa jadi, hanya UMKM yang berhasil menjalankan strategi yang tepat sajalah yang akan mampu bertahan bahkan senantiasa berkembang mengalahkan pesaing lainnya. 

Tidak hanya persaingan dengan kompetitor saja, bisa jadi, ada perubahan-perubahan yang terjadi seiring waktu berjalan. Tentu saja, perubahan tersebut harus diiringi dengan penerapan strategi yang up to date pula.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa strategi pengembangan bisnis UMKM yang paling efektif untuk diterapkan. Penasaran? Simak ulasannya!

Ragam Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Paling Solutif

Membuat strategi untuk bisnis UMKM, Sumber: kitalulus.com
Membuat strategi untuk bisnis UMKM, Sumber: kitalulus.com

Sebagaimana disinggung sebelumnya, bisa jadi, UMKM yang menerapkan strategi pengembangan bisnis yang tepat yang akan bertahan. Bahkan, bisa jadi, UMKM tersebut-lah yang nantinya akan merajai pasaran dan mengalahkan para pesaingnya.

Nah, berbincang tentang pengembangan bisnis untuk UMKM, adapun beberapa strategi yang cukup efektif untuk diterapkan diantaranya adalah:

1. Fokus pada Inovasi Produk

Persaingan bisnis UMKM yang ketat memaksa para pebisnis untuk senantiasa berinovasi untuk melahirkan produk baru yang lebih menarik. Layaknya sebuah tren, bisa jadi produk yang lebih fresh dan baru akan mendapatkan atensi yang lebih dari target market dan nantinya akan cenderung lebih laris.

Oleh karenanya, fokus pada inovasi produk menjadi salah satu strategi pengembangan bisnis yang perlu diterapkan. Hanya saja, perlu dipahami bahwa inovasi bukan hanya sekadar mengubah tampilan saja. Lebih dari itu, inovasi harus disertai dengan adanya nilai tambah produk baru dibandingkan dengan produk lama. 

Sebagai contoh, saat ini, isu keselamatan lingkungan menjadi bahasan yang kerap mengemuka. Nah, Anda bisa saja membuat produk tas atau dompet, misalnya, yang berasal dari bahan alami di mana cenderung lebih aman dari aspek lingkungan.

2. Membaca Selera Pasar

Agar bisnis UMKM yang Anda jalankan senantiasa terus berkembang, Anda perlu membaca selera pasar yang Anda tuju. Layaknya sebuah tren yang dibahas sebelumnya, selera pasar juga bisa berganti dari waktu ke waktu mengikuti apa yang sedang banyak berkembang di lingkungan masyarakat.

Terkait hal ini, cobalah untuk melakukan riset pasar. Dengan melakukan riset ini, Anda nantinya bisa mendapatkan informasi mengenai kondisi pasar yang menjadi target market Anda, produk apa yang sebenarnya mereka inginkan, kecenderungan cara promosi yang disukai dan lainnya.

Beberapa pebisnis barangkali bersikap terlalu idealis sehingga hanya fokus pada dirinya sendiri. Memang, sikap idealis termasuk sikap yang bagus karena menunjukkan karakter. Namun, dalam bisnis, penyesuaian pada kondisi pasar merupakan hal yang cenderung lebih tepat untuk diikuti.

3. Memaksimalkan Teknologi

Memanfaatkan teknologi marketplace online, Sumber: sirclo.com
Memanfaatkan teknologi marketplace online, Sumber: sirclo.com

Disadari atau tidak, teknologi berkembang dengan sangat cepat saat ini. Hanya dalam waktu yang tak lama, terjadi perubahan pola perilaku yang cukup signifikan di masyarakat yang dipengaruhi oleh teknologi. Misalnya, saat ini, masyarakat cenderung memilih berbelanja secara online melalui marketplace daripada belanja offline saat ini.

Nah, terkait hal ini, memaksimalkan perkembangan teknologi juga menjadi strategi pengembangan bisnis paling tepat untuk diterapkan. Dengan mengikuti perkembangan teknologi, bisa dikatakan bahwa bisnis Anda sejalan dengan perkembangan zaman dan tidak tertinggal.

Lebih dari itu, pengembangan bisnis berbasis teknologi juga akan membuat pangsa pasar bisnis Anda turut meningkat. Anda nantinya bisa saja mengembangkan target pasar untuk generasi Z yang lebih sering berkomunikasi dengan smartphone.

Terkait strategi yang bisa diterapkan, sebenarnya ada cukup banyak strategi bisnis berbasis teknologi yang bisa diaplikasikan. Misalnya saja, seiring banyaknya jasa pembuatan landing page, Anda bisa membuat halaman landing page profesional untuk membangun kesadaran brand. 

4. Fokus pada Pelayanan Pelanggan

Agar bisnis UMKM Anda tidak sekadar mampu bertahan tetapi juga terus berkembang, fokus pada pelayanan pelanggan juga termasuk strategi pengembangan bisnis yang tak boleh dilewatkan. Anda tentu pernah mendengar istilah pelanggan adalah raja, bukan?

Makna dari istilah tersebut secara singkat adalah keharusan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi setiap pelanggan. Hal ini sangat krusial karena kepuasan pelanggan menjadi kunci bagaimana bisnis Anda bisa berkembang. Tidak hanya itu, pelanggan yang puas bisa menjadi mitra promosi tak terduga ketika ia memberikan rekomendasi pada orang lain. 

Oleh karenanya, terkait hal ini, ada baiknya jika Anda melakukan review terkait layanan pelanggan yang diberikan. Jika ternyata masih ada hal yang kurang, maka segera lakukan perbaikan. Selain itu, Anda sebaiknya juga terbuka dan responsif pada masukan yang didapatkan.

5. Memperhatikan Legalitas Bisnis

Satu lagi strategi penting terkait pengembangan bisnis UMKM yang perlu diterapkan adalah memperhatikan legalitas bisnis. Terkait hal ini, Anda tidak hanya perlu mengetahui perbedaan CV dan PT untuk pertimbangan saja, tetapi juga hal krusial lainnya.

Perlu diperhatikan bahwa legalitas bisnis sangat berpengaruh pada bisnis yang dijalankan. Bisnis yang memiliki perizinan lengkap cenderung lebih dipercaya daripada yang tidak. 

Selain itu, aspek legalitas akan membantu Anda menghindari permasalahan hukum yang mengganggu. Serta, ketika hendak mencari investor, kelengkapan dokumen legal juga akan memudahkan.

Urus Legalitas Bisnis dengan Mudah di Legal Jogja!

Jasa Pembuatan PT Jogja, Sumber: legaljogja.com
Jasa Pembuatan PT Jogja, Sumber: legaljogja.com

Jika Anda ingin mengurus legalitas bisnis UMKM Anda, Legal Jogja siap menjadi partner yang bisa diandalkan. Tidak hanya memberikan syarat mendirikan PT yang mudah, kami juga siap membantu Anda mengurus pendirian PT baru dengan cepat.

Sebagai penyedia jasa pendirian PT Bantul, kami sudah mengurus aspek legalitas bisnis banyak klien. Dengan prinsip memudahkan sesama anak bangsa untuk berkembang, kami senantiasa berupaya memberikan layanan terbaik dengan tetap menyediakan pembiayaan yang terjangkau.

Tertarik dengan layanan kami? Segera hubungi CS dan dapatkan penawaran terbaik kami untuk menunjang bisnis Anda!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top