Lokasi Usaha yang Strategis, Sebenarnya Seperti Apa?

Bisa dikatakan, menentukan lokasi usaha yang strategis adalah langkah awal yang sangat krusial ketika seseorang hendak membangun sebuah bisnis baru. Ya, dengan lokasi yang strategis, ada peluang yang lebih besar mendapatkan konsumen. Artinya, potensi bisnis berkembang pun cenderung lebih besar.

Hanya saja, memilih lokasi usaha yang strategis tidak mudah. Beberapa kalangan mungkin menganggap bahwa lokasi yang berada di pinggir jalan besar sudah pasti strategis dan efektif untuk menjaring konsumen. Namun, tak sedikit pula usaha yang ada di pinggir jalan besar gagal dan gulung tikar.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa gambaran lokasi usaha yang strategis dan bisa dijadikan acuan untuk membantu pemilihan. Seperti apa? Simak ulasannya!

Ciri-ciri Lokasi Usaha yang Strategis

Lokasi strategis untuk bisnis, Sumber: businessadministrationinformation.com
Lokasi strategis untuk bisnis, Sumber: businessadministrationinformation.com

Memang, Anda tidak boleh terburu-buru ketika hendak memilih lokasi usaha yang strategis. Ada beberapa hal yang sebaiknya masuk dalam pertimbangan sehingga risiko salah memilih tempat usaha bisa dihindari.

Nah, adapun ciri-ciri tempat usaha yang strategis yang bisa dijadikan acuan memilih diantaranya adalah:

1. Sesuai dengan Demografi Target Market

Sebuah tempat usaha yang tepat merupakan lokasi yang sesuai dengan demografi target market. Pasalnya, dengan demografi yang tepat, potensi tempat usaha Anda dilirik oleh target market pun akan semakin besar. Artinya, peluang untuk mendapatkan konsumen pun juga akan cenderung meningkat.

Terkait demografi konsumen, ada beberapa faktor mendasar yang perlu diperhatikan. Misalnya saja, Anda mempertimbangkan faktor gender, usia serta tingkat pendapatan target market sebelum memilih tempat. Dengan pertimbangan tersebut, pemilihan lokasi usaha yang strategis lebih mudah dilakukan.

2. Lokasi yang Mudah Dijangkau

Lokasi yang mudah dijangkau memang menjadi kriteria tempat usaha yang strategis yang paling mendasar. Dengan kemudahan menjangkau, peluang target konsumen datang ke lokasi usaha Anda akan cenderung lebih besar.

Memang, lokasi tempat usaha yang ada di pinggir jalan raya cenderung masuk dalam kriteria ini. Hanya saja, Anda tetap harus melakukan perhitungan tambahan agar nantinya Anda tidak asal memilih tempat pinggir jalan saja.

Beberapa hal terutama jarak dan waktu yang diperlukan untuk sampai ke lokasi ketika seseorang berjalan kaki atau mengakses kendaraan umum bisa dijadikan pertimbangan. Semakin banyak akses menuju ke lokasi usaha Anda, artinya lokasi usaha Anda semakin strategis. 

3. Usaha yang Berdekatan dengan Kompetitor

Dalam upaya menentukan lokasi usaha yang strategis, tidak sedikit kalangan pebisnis yang memilih lokasi jauh dari kompetitor. Alasannya pun cukup masuk akal yakni menghindari persaingan secara terbuka. Gambarannya, semakin jauh dari kompetitor, bisnis yang dijalankan semakin tidak ada saingan.

Namun, apakah hal ini adalah rumusan yang mutlak?

Jawabannya adalah tidak. Bisa jadi, lokasi usaha yang strategis justru merupakan lokasi yang dekat dengan kompetitor. Sekilas, hal ini mungkin tampak merugikan. Namun, di sisi lain Anda akan mendapatkan keuntungan karena tidak perlu melakukan pemasaran yang terlalu masif. Juga, kalangan konsumen di sekitarnya pun sudah terbentuk.

4. Lokasi yang Dekat dengan Bisnis Penunjang

Cari lokasi yang dekat dengan bisnis penunjang, Sumber: thebusinessplanshop.com
Cari lokasi yang dekat dengan bisnis penunjang, Sumber: thebusinessplanshop.com

Ciri lain dari lokasi usaha yang strategis adalah lokasi yang dekat dengan bisnis penunjang. Pemilihan lokasi yang seperti ini bahkan bisa menjadi salah satu strategi pengembangan bisnis

Berdekatan dengan bisnis penunjang akan membentuk kondisi yang saling melengkapi. Dengan demikian, potensi untuk mendapatkan pelanggan pun akan semakin meningkat. Tak hanya itu, Anda pun bisa jadi menjalin kerjasama dengan bisnis lainnya yang ada di sebelah lokasi usaha Anda. 

Sebagai contoh, ketika Anda hendak membuka kedai kopi, memilih tempat usaha yang dekat dengan lokasi pusat kebugaran bisa menjadi opsi. Bisa jadi, ada peluang ketika seseorang hendak beraktivitas di pusat kebugaran tersebut, ia akan mampir dulu ke kedai kopi Anda untuk menikmati espresso.

5. Lokasi yang Ada di Pusat Keramaian

Satu lagi ciri lokasi usaha yang strategis dan bisa dijadikan pertimbangan menentukan tempat usaha adalah lokasi yang ada di pusat keramaian. Memang, pusat keramaian akan menghadirkan persaingan bisnis yang lebih ketat. Artinya, ada tantangan sekaligus tuntutan untuk membuktikan bahwa bisnis Anda layak dan lebih baik dari para pesaing.

Hanya saja, di sisi lain, memiliki tempat usaha yang ada di pusat keramaian menghadirkan keuntungan yang tak bisa dianggap sepele. Lokasi yang senantiasa ramai akan meningkatkan potensi untuk mendapatkan pelanggan. 

Selain itu, secara tidak langsung, Anda akan mendapatkan kredibilitas yang lebih karena membuka usaha di tempat yang ramai. Target pelanggan mungkin akan berpikir bahwa Anda memiliki kualitas yang istimewa karena mampu bersaing dengan banyak pesaing di suatu lokasi yang sama.

Beberapa poin di atas adalah apa yang menjadi ciri lokasi usaha yang strategis. Sebagai tambahan. pastikan Anda memilih lokasi usaha yang mudah terlihat dan ditemukan. Juga, perhatikan legalitas usaha Anda untuk menghindari risiko bisnis yang bisa muncul, terutama penggusuran.

Urus Legalitas Usaha dengan Mudah di Legal Jogja

Jasa Pembuatan PT Jogja, Sumber: legaljogja.com
Jasa Pembuatan PT Jogja, Sumber: legaljogja.com

Perlu diperhatikan bahwa pentingnya legalitas usaha tidak boleh dianggap sepele. Usaha yang legal memiliki kedudukan pasti secara hukum. Artinya, bukan hanya risiko penggusuran yang bisa dihindari, Anda pun boleh menggunakan brand semaksimal mungkin tanpa khawatir terkena copyright.

Nah, berbincang tentang legalitas usaha, Legal Jogja menyediakan layanan pembuatan CV untuk usaha Anda. Dengan dokumen resmi yang dimiliki, Anda nantinya akan mendapatkan kemudahan perihal pembuatan kerjasama bisnis profesional hingga pengurusan masalah pajak yang biasanya cukup rumit.

Dikenal sebagai penyedia jasa pembuatan CV Gunung Kidul, Legal Jogja siap membantu pengurusan pendirian CV untuk bisnis Anda dari awal hingga selesai. Tak perlu khawatir, kami senantiasa transparan dan berupaya membantu UKM dengan menerapkan layanan optimal dengan biaya terjangkau!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top