Catat, Ini Syarat Nama PT yang Boleh Diajukan!

Berbincang tentang pendirian PT, memilih nama memang menjadi bagian penting yang tidak boleh disepelekan. Secara umum, Anda tentu bebas menggunakan nama apa saja untuk menamai PT yang Anda miliki. Hanya saja, ada beberapa syarat nama PT yang juga harus diperhatikan.

Tidak sedikit pebisnis yang ingin menggunakan nama PT yang terkesan clickbait. Dengan nama tersebut, ia berharap bahwa PT yang dimiliki lebih mudah dihafalkan oleh target konsumen. Nantinya, nama PT akan tertanam di alam bawah sadar konsumen dan menjadi pilihan ketika seseorang memerlukan sesuatu.

Lantas, apa yang sebenarnya menjadi syarat terkait nama PT yang bisa digunakan sebagai salah satu strategi membangun bisnis yang lebih profesional? Simak ulasannya!

Ketentuan Nama PT Sesuai Peraturan Pemerintah

Ketentuan dalam memilih nama PT, Sumber: officenow.co.id
Ketentuan dalam memilih nama PT, Sumber: officenow.co.id

Seperti disinggung di awal, banyak pebisnis yang ingin menggunakan nama PT yang bagus dan mudah diingat. Tak jarang, nama yang digunakan pun cenderung nyeleneh dan tidak biasa.

Perlu dipahami bahwa pemerintah memiliki peraturan tertulis terkait penamaan PT yang diatur dalam PP 43/2011. Adapun beberapa ketentuan terkait penamaan PT yang harus dipahami sebelum menentukan pilihan adalah sebagai berikut:

  • Penulisan nama harus diawali dengan frase “PT” di bagian depan. Sedangkan untuk PT terbuka, selain frase “PT” yang dituliskan di awal, ada penambahan singkatan “Tbk” di bagian akhir
  • Berdasarkan pasal 11 PP 43/2011, PT di mana keseluruhan saham dimiliki oleh WNI atau Warga Negara Indonesia harus menggunakan bahasa Indonesia sebagai nama PT yang dimiliki
  • Nama PT yang digunakan harus dituliskan dalam huruf latin dan belum pernah digunakan oleh pihak lainnya. Juga, penamaan PT dengan nama yang mirip tidak diperkenankan. Inilah kenapa cek nama PT perlu dilakukan.
  • Pemilihan nama PT yang hendak digunakan tidak diperkenankan mirip atau sama dengan lembaga negara, lembaga pemerintahan dan lembaga internasional kecuali ada izin yang didapatkan berasal dari pihak terkait
  • Nama PT yang digunakan harus sesuai dengan maksud, tujuan, dan juga kegiatan usaha yang dijalankan

Beberapa poin di atas adalah aturan mendasar terkait syarat nama PT yang perlu diperhatikan. Sebagai tambahan, nama PT yang hendak digunakan sebaiknya disertai dengan nama lainnya untuk cadangan.

Tips Memilih Nama PT yang Tepat untuk Bisnis

Memilih nama PT untuk bisnis, Sumber: prolegal.id
Memilih nama PT untuk bisnis, Sumber: prolegal.id

Sebagai bagian dari syarat mendirikan PT yang cukup krusial, nama PT memang harus dipersiapkan dengan baik. Namun, tidak dimungkiri memang bahwa mencari nama PT yang tepat cenderung gampang-gampang susah.

Nah, untuk memudahkan Anda menemukan nama yang tepat untuk PT yang dikelola, ada beberapa tips mendasar yang bisa Anda jadikan pertimbangan, diantaranya:

1. Memilih Nama yang Unik

Untuk memutuskan nama PT yang hendak dipakai, memilih nama yang unik bisa dijadikan pertimbangan awal. Ya, hal ini sebenarnya sejalan seiring nama PT merupakan sebuah identitas yang membedakan bisnis Anda dengan bisnis orang lain. 

Dengan menggunakan nama yang unik, maka bisnis Anda akan memiliki kesan yang berbeda. Tidak hanya itu, nama yang unik juga bisa menjadi sebuah karakter baru yang melekat pada bisnis Anda.

2. Menyesuaikan dengan Bidang Usaha

Sebagaimana aturan pemerintah yang mengatakan syarat nama PT harus sesuai dengan kegiatan usaha yang dijalankan, maka Anda sebaiknya memilih nama PT yang sesuai dengan bidang usaha. Poin ini cukup krusial karena akan membentuk karakteristik dari bisnis yang dijalankan.

Tidak hanya itu, penamaan PT yang sesuai dengan bidang usaha akan memudahkan Anda untuk mendapatkan lebih banyak insight dan leads. Keduanya tentu sangat penting untuk membuat bisnis Anda lebih populer dan kesadaran brand target konsumen akan semakin meningkat. 

3. Memilih Nama yang Mudah Diingat

Perlu disadari bahwa nama PT menjadi perangkat dari upaya Anda untuk membangun brand bisnis. Oleh karenanya, meskipun tidak ada syarat nama PT yang mengharuskan nama PT mudah diingat, namun sebaiknya Anda mengaplikasikan tips yang satu ini. 

Memang, di satu sisi Anda bisa jadi ingin memiliki PT dengan nama yang keren dan terlihat berkelas internasional. Namun, pertanyaan selanjutnya, apa manfaat nama PT yang keren ketika target konsumen Anda justru merasa susah untuk mengingatnya?

Oleh karenanya, pikirkan nama PT dengan baik. Selain memastikan penulisan nama PT yang benar termasuk spasi yang digunakan, pastikan nama yang dipilih mudah diingat. Akan lebih baik jika Anda memilih nama PT yang cenderung familiar di kalangan masyarakat.

Beberapa poin di atas adalah tips dasar yang bisa Anda terapkan untuk menentukan nama PT yang tepat. Untuk tambahan, Anda sebaiknya tidak menggunakan nama PT yang mengandung nama tempat. 

Memang, beberapa pebisnis mengatakan hal tersebut adalah sebagai strategi local branding. Namun, di sisi lain bisa menjadi penghambat ketika bisnis Anda berkembang. Juga, ada kesan bahwa bisnis Anda hanya fokus di satu tempat saja. 

Buat PT dengan Mudah dan Cepat di Legal Jogja

Jasa Pembuatan PT Jogja, Sumber: legaljogja.com
Jasa Pembuatan PT Jogja, Sumber: legaljogja.com

Jika Anda ingin mendirikan PT untuk keperluan bisnis, Legal Jogja siap membantu sepenuh hati. Tidak hanya menawarkan biaya pembuatan PT yang terjangkau, kami akan memberikan layanan lengkap dari awal termasuk konsultasi terkait nama PT yang tepat.

Tidak hanya itu, sebagai penyedia jasa pendirian PT Kulon Progo berpengalaman, kami akan membantu pendirian PT Anda dengan cepat tanpa ribet. Tentu, dengan proses yang mudah, kami berharap bahwa akan muncul pebisnis andal dan profesional yang mampu memberikan manfaat lebih bagi masyarakat sekitar. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top