Menerapkan Strategi Content Marketing yang Efektif, Bagaimana Caranya?

Seiring pergerakan bisnis ke arah serba digital, memahami strategi content marketing menjadi kewajiban bagi pebisnis untuk mengurus bisnis mereka. Hal ini cukup mendasar karena tanpa bekal strategi yang tepat, bisa jadi bisnis yang dikelola akan kalah saing dengan kompetitor dan pengembangan bisnis pun akan tersendat.

Misalnya saja, ketika Anda hendak memulai bisnis travel wisata, maka selain menyediakan layanan yang tepat, Anda perlu berpikir bagaimana cara target pasar menemukan bisnis Anda. Sebagaimana diketahui, bisnis travel termasuk bisnis yang padat sehingga memerlukan strategi marketing yang tepat.

Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan strategi content marketing dan bagaimana menerapkannya untuk bisnis yang kita kelola? 

Apa Itu Content Marketing?

Apa itu content marketing, Sumber: sumberrayadatasolusi.co.id
Apa itu content marketing, Sumber: sumberrayadatasolusi.co.id

Sebelum membahas tentang cara menerapkan strategi content marketing yang tepat, tentu Anda perlu mengetahui apa sebenarnya content marketing. Dasar pengetahuan yang Anda miliki nantinya akan memudahkan Anda untuk menentukan mana strategi yang bisa diandalkan.

Dalam pengertian singkat, content marketing merupakan strategi pemasaran yang fokus pada pembuatan serta distribusi konten untuk target pasar tertentu. Tujuan utama dari strategi ini selain menarik perhatian target pasar juga membangun brand awareness dan mempengaruhi konsumen potensial.

Ada cukup banyak jenis konten yang bisa digunakan dalam strategi pemasaran ini, seperti artikel, blog, infografis, podcast dan lainnya yang relevan dengan bisnis yang dijalankan. Hanya saja, memang, agar strategi content marketing yang diterapkan efektif, konten yang digunakan harus berkualitas. 

Pentingnya Content Marketing dalam Operasional Bisnis

Keuntungan dalam menggunakan strategi konten marketing, Sumber: jakpost.net
Keuntungan dalam menggunakan strategi konten marketing, Sumber: jakpost.net

Sebagaimana disinggung sebelumnya, strategi content marketing kini menjadi salah satu cara pemasaran yang cukup penting, terutama ketika bisnis mengarah pada digitalisasi. Bisa dikatakan, bisnis yang tidak turut menggunakan strategi ini nantinya akan tertinggal. 

Selain itu, jika dilihat dari manfaatnya, ada beberapa alasan kenapa peran strategi content marketing cukup krusial untuk manajemen sekaligus strategi pengembangan bisnis. Beberapa diantaranya:

  • Meningkatkan brand awareness target pasar yang nantinya akan meningkatkan pula tingkat kepercayaan konsumen pada produk yang Anda pasarkan 
  • Efektif untuk membangun kepercayaan karena secara konsisten Anda membuat konten yang relevan dengan bisnis 
  • Meningkatkan engagement dengan target pasar, terutama melalui komentar yang bisa diberikan
  • Memperluas jangkauan pemasaran yang nantinya berdampak pada meluasnya target pasar yang Anda miliki
  • Menjadi platform edukasi untuk target pasar agar mereka mengetahui produk Anda lebih detail dan membantu mereka membuat keputusan yang lebih tepat

Beberapa poin di atas menunjukkan bahwa strategi content marketing memiliki fungsi yang begitu penting dalam manajemen bisnis. Sebagai tambahan, strategi pemasaran ini pun juga bisa diandalkan untuk menghasilkan leads, di mana Anda nantinya memiliki pasar yang lebih potensial. 

Tips Menerapkan Strategi Content Marketing yang Efektif!

Tips menerapkan strategi content marketing, Sumber: newstoday.co.uk
Tips menerapkan strategi content marketing, Sumber: newstoday.co.uk

Berbincang tentang strategi content marketing, memang Anda memiliki kebebasan untuk memilih mana jenis konten yang pas untuk digunakan. Hanya saja, selain membandingkan contoh strategi content marketing yang ada, Anda tentu perlu mengetahui tips menerapkan strategi ini agar lebih efektif.

Beberapa tips penerapan strategi content marketing yang efektif untuk dicoba diantaranya:

1. Mencari Target Pasar yang Tepat

Sebelum memilih strategi content marketing yang hendak dipakai, Anda perlu mencari target pasar yang tepat terlebih dahulu. Poin ini cukup penting agar nantinya konten yang Anda buat untuk pemasaran cenderung lebih tepat sasaran dan juga efektif. 

Nah, coba lakukan riset terkait target pasar seperti apa yang sesuai dengan produk atau layanan yang Anda hendak tawarkan. Nantinya, Anda bisa mempelajari minat dan apa yang sebenarnya mereka butuhkan.

2. Membuat Tujuan Promosi

Jika target pasar yang diinginkan sudah berhasil dirumuskan, maka tips penerapan strategi yang berikutnya adalah menentukan tujuan promosi. Tentu saja, tujuan promosi juga penting karena hal ini merupakan visi yang nantinya hendak Anda upayakan.

Memang, sebagian besar pebisnis senantiasa menjadikan transaksi sebagai tujuan promosi mereka. Hal tersebut tentu saja tidak salah. Hanya saja, perlu dipahami bahwa ada cukup banyak tujuan promosi yang bisa Anda rumuskan, misalnya saja membangun brand awareness terutama jika bisnis Anda tergolong masih baru.

3. Menentukan Key Performance Indicator

Setelah menentukan tujuan strategi yang hendak dicapai, Anda perlu menentukan KPI atau Key Performance Indicator. KPI merupakan poin data yang bisa dijadikan pegangan untuk menilai seberapa efektif kinerja promosi sesuai dengan target yang hendak dicapai.

Dengan menggunakan indikator ini, Anda nantinya akan terpacu untuk mencapai target yang telah dicanangkan. Tidak hanya itu, indikator yang ditentukan juga bisa menjadi petunjuk terkait implementasi strategi yang dijalankan. 

4. Menentukan Tipe dan Format Konten

Seperti diketahui, ada cukup banyak jenis konten yang bisa dijadikan opsi untuk promosi. Tentu saja, Anda tidak harus membuat semua jenis konten tersebut untuk memaksimalkan pemasaran yang dilakukan.

Terkait hal ini, cobalah cek mana tipe dan format konten yang memiliki relevansi tertinggi dengan bisnis yang Anda jalankan. Misalnya saja, Anda bisa membuat artikel tentang produk yang Anda tawarkan dan juga video tentang review produk tersebut untuk memberikan gambaran yang lebih jelas pada target pasar. 

5. Memilih Channel Promosi yang Tepat

Selain menentukan jenis konten yang hendak digunakan, Anda juga perlu memilih channel atau platform yang tepat untuk melakukan promosi. Anda tentu tahu bahwa ada cukup banyak platform yang bisa diandalkan untuk menunjang strategi content marketing, seperti website, Instagram, TikTok dan lainnya.

Masing-masing platform tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh karenanya, Anda perlu melakukan studi kasus terlebih dahulu untuk memastikan mana platform yang paling tepat untuk promosi. 

6. Menentukan Budget Promosi

Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan terkait strategi content marketing adalah menentukan budget promosi. Mungkin, Anda merasa bahwa poin ini tidak penting karena Anda melakukan promosi seorang diri dan tidak melibatkan pihak lain. Pandangan semacam ini tentu saja kurang tepat.

Meskipun Anda merancang strategi sendiri, namun budget marketing tetap harus disiapkan. Selain untuk memberikan dukungan pada kebutuhan pembuatan konten, budget tersebut bisa dijadikan upaya untuk menilai value Anda sendiri. 

Beberapa poin di atas merupakan ragam tips yang bisa membantu Anda untuk menerapkan strategi content marketing. Sebagai tambahan, ada baiknya jika Anda juga membuat jadwal publishing untuk mendapatkan engagement yang lebih tinggi.

Serta, selain berupaya menerapkan strategi content marketing yang tepat, Anda juga perlu memastikan legalitas bisnis Anda. Hal ini penting karena bisnis yang legal selain akan lebih dipercaya juga memiliki kepastian hukum.

Nah, terkait legalitas bisnis, Legal Jogja siap membantu Anda untuk mengurusnya. Sebagai penyedia jasa pendirian PT Gunung Kidul terpercaya, kami bisa diandalkan untuk mengurus legalitas bisnis Anda dari awal hingga akhir. 

Hanya dengan menyiapkan syarat yang diperlukan, Anda tinggal menunggu proses pembuatan dokumen legal di rumah!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top