Memulai Bisnis Klinik Kecantikan, Bagaimana Caranya agar Sukses?

Melihat kesadaran akan pentingnya menjaga Kesehatan dan kecantikan kulit yang semakin meningkat, bisnis klinik kecantikan memiliki peluang yang cukup besar. Di samping itu, gaya hidup modern selalu beriringan dengan kebutuhan perawatan diri yang cepat, praktis, efektif namun tetap aman bagi kulit.

Tidak hanya wanita, bahkan saat ini pria juga menganggap bahwa melakukan perawatan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hal tersebut membuat peluang bisnis klinik kecantikan menjadi semakin terbuka lebar dan tentu saja semakin dilirik oleh para perintis bisnis bahkan para pengusaha professional untuk mengepakkan sayap.

Akan tetapi, memulai sebuah bisnis bukanlah perkara yang mudah. Seiring dengan peluang yang besar tentu ada resiko yang besar pula, lengkap dengan persiapan-persiapan yang tidak  mudah. Jadi untuk mendirikan sebuah bisnis klinik kecantikan yang sukses, Anda perlu memperhatikan tips di bawah ini.

Tips Memulai Bisnis Klinik Kecantikan Agar Sukses

Tips memulai bisnis kecantikan, Sumber: lokalsupportlokal.id
Tips memulai bisnis kecantikan, Sumber: lokalsupportlokal.id

Klinik kecantikan diklaim mampu memberikan hasil yang lebih optimal dan efektif jika dibandingkan dengan produk perawatan kulit biasa. Nah untuk membuktikan klaim tersebut dan menciptakan bisnis klinik kecantikan yang sukses, maka Anda perlu memperhatikan sejumlah tips di bawah ini.

1. Tentukan Jenis Bisnis Kecantikan yang Ingin Didirikan

Tips pertama yang harus Anda perhatikan adalah menentukan jenis klinik kecantikan yang akan didirikan. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan No 9 Th 2024, terdapat dua jenis klinik kecantikan yakni Klinik Kecantikan Utama dan Klinik Kecantikan Pratama.

Klinik Pratama adalah klinik dengan prosedur yang dilakukan oleh dokter umum, sedangkan Klinik Utama prosedurnya dilakukan oleh dokter spesialis kulit dan biasanya mempunyai fasilitas rawat inap. 

Jadi tentukan terlebih dahulu jenis klinik yang akan Anda dengan menyesuaikan SDM yang tersedia.

2. Lakukan Survei Lokasi dengan Rinci

Salah satu poin yang sering dilupakan padahal merupakan hal yang sangat penting adalah melakukan survei lokasi bisnis secara mendetail. Demi mewujudkan bisnis yang sukses, maka surveilah lokasi dengan orientasi maju ke depan dan mendukung pengembangan. Yang dimaksud adalah seperti penambahan ruang serta peralatan yang dibutuhkan.

Selain itu, pilihlah lokasi yang mudah dijangkau dan memiliki akses untuk mobil, area parkir luas, tidak berisik dan tentu saja jauh dari sumber limbah. Untuk klinik kecantikan yang menyediakan layanan medis juga harus memenuhi standar persyaratan pendirian fasilitas medis dan juga perawatan tubuh sesuai peraturan yang berlaku.

3. Rencanakan Modal dan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Perencanaan modal bisnis, Sumber: gobiz.co.id
Perencanaan modal bisnis, Sumber: gobiz.co.id

Untuk membangun bisnis klinik kecantikan, modal yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Terlebih peralatan serta perlengkapan yang dibutuhkan yang sangat banyak. Untuk memastikan bisnis yang Anda jalankan berjalan lancar, terus berkembang dan sukses, maka Anda harus merencanakan modal serta anggaran secara detail.

Anggaran tersebut tentu sangat bergantung pada jenis klinik serta jenis pelayanan yang ditentukan. Semakin besar klinik dan semakin kompleksnya pelayanan yang akan disediakan makan modal dan peralatan yang dibutuhkan juga akan semakin banyak. 

Sebagai awal bisnis, Anda juga bisa memulainya dengan klinik sederhana dan terus dikembangkan menjadi klinik yang besar dengan pelayanan yang lengkap.

4. Tentukan Strategi Pemasaran yang Tepat

Tips selanjutnya adalah menentukan target pasar dan strategi pemasaran yang tepat. Strategi pengembangan bisnis dan marketing tentu menjadi hal yang sangat penting untuk mewujudkan klinik kecantikan yang sukses. Gunakan strategi pemasaran berdasarkan gaya hidup, kebutuhan, kebiasaan pelanggan serta kemajuan teknologi.

Lakukan promosi melalui media sosial dengan mengadakan giveaway dan paket promo untuk menarik minat pelanggan. paket bundling atau tebus murah juga dapat menjadi strategi pemasaran yang cukup efektif karena mayoritas wanita Indonesia selalu senang membandingkan harga.

5. Manajemen Operasional yang Profesional

Bisa dikatakan bahwa rapi atau tidaknya manajemen operasional dapat menentukan apakah bisnis tersebut dapat terus berkembang atau sebaliknya. Pasalnya, manajemen operasional yang rapi dan profesional memiliki banyak sekali manfaat untuk keberlangsungan bisnis.

Penataan manajemen bisnis ini dapat membantu Anda menentukan strategi bisnis yang tepat, melakukan inovasi, hingga pengadaan barang serta prasarana yang dibutuhkan. Melalui manajemen tersebut Anda juga dapat mengevaluasi kinerja hingga memantau bisnis klinik kecantikan yang sedang dijalankan.

Penataan manajemen ini mulai dari persiapan team marketing dan sales, team keuangan administration dan HRD, team produksi.

6. Pastikan Legalitas Usaha Terpenuhi

Secara administrasi dan pengelolaan sudah bagus, tentu dalam hal legalitas juga harus diprioritaskan mengingat Indonesia adalah negara hukum. Semua perijinan seperti mendirikan usaha, mendirikan bangunan, hingga produk-produk kecantikan yang dibuat harus memenuhi standar halal dan keamanan Indonesia oleh BPOM Indonesia.

Pentingnya legalitas usaha sangat berdampak besar pada jalannya usaha. Masyarakat Indonesia sudah mulai aware dan mengutamakan keamanan produk yang dipakai di samping hasil yang akan didapatkan. 

Artinya, jika sebuah usaha sudah mengantongi izin-izin yang dibutuhkan maka pelanggan akan mempercayakan kebutuhan kecantikan kulit pada bisnis yang Anda jalankan.

7. Menggunakan Jasa Pendirian Usaha

Jasa Pembuatan PT Jogja, Sumber: legaljogja.com
Jasa Pembuatan PT Jogja, Sumber: legaljogja.com

Keuntungan bisnis klinik kecantikan memang tidak main-main, namun hal tersebut juga sejalan dengan effort yang harus dikeluarkan. Banyak poin-poin yang harus Anda siapkan matang-matang supaya nantinya bisnis klinik kecantikan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Memulai bisnis klinik kecantikan harus dipikirkan secara detail dan rinci, maka tidak heran jika banyak calon pengusaha yang mundur sebelum berperang karena rumitnya perizinan serta banyaknya hal yang harus diurus dengan benar. Nah, tapi Anda tidak perlu khawatir karena jasa pendirian CV Bantul siap membantu,

Kini mendirikan bisnis klinik kecantikan menggunakan jasa pendirian CV akan semakin mempermudah jalan bisnis. Semuanya akan dipersiapkan dengan matang, aman, cepat dan anti ribet. Untuk biaya juga tidak perlu dikhawatirkan, karena harga yang ditawarkan adalah harga yang terbaik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top