Bisnis Travel Umroh, Tetap Menjanjikan Meski Banyak Saingan

Berbincang tentang bisnis travel, bisa dikatakan bahwa bisnis travel umroh menjadi salah satu ide bisnis yang paling diminati. Adanya fakta bahwa mayoritas penduduk Indonesia yang beragama Islam menjadi salah satu alasan kuat kenapa bisnis ini terus saja bertumbuh dari waktu ke waktu.

Selain itu, tidak hanya pangsa pasar luas dan sudah terbentuk, ada tren yang menunjukkan bahwa minat umat Islam untuk beribadah umroh pun tidak pernah pudar bahkan terus bertambah. Hal semacam ini tentu sangat disayangkan jika dibiarkan begitu saja, terlebih jika Anda memiliki kemampuan untuk menjalankan bisnis ini.

Pada kesempatan ini akan dibahas beberapa hal terkait bisnis travel umroh dan tips menjalankannya hingga sukses. Penasaran? Simak ulasannya! 

Melihat Peluang Bisnis Travel Umroh

Bisnis travel umroh, Sumber: alhijazindowisatapt.com
Bisnis travel umroh, Sumber: alhijazindowisatapt.com

Barangkali, Anda bertanya, apakah bisnis travel umroh saat ini masih menjanjikan? Terlebih, fakta menunjukkan bahwa ada banyak sekali agensi travel umroh yang telah berdiri dan tersebar di berbagai daerah yang berbeda.

Adanya banyak agen travel umroh yang tersebar memang merupakan fakta yang tidak bisa dibantah. Namun, meskipun demikian, bisnis travel umroh tetap merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan.

Pangsa pasar yang besar dan relatif stabil menjadi salah satu alasannya. Jika dilihat, dengan jumlah umat Islam yang besar, maka pangsa pasar bisnis ini sudah ada. Terlebih, dorongan untuk menjalankan umroh di kalangan umat Islam pun terus bertumbuh.

Selain itu, fasilitas penunjang bisnis ini pun kini tersedia dengan sangat lengkap dan memadai. Bukan hanya perihal hotel atau layanan akomodasi lainnya, melainkan juga aplikasi untuk memudahkan setiap jamaah umroh. Dengan menawarkan layanan berbasis aplikasi, mendapatkan target pasar bisa jadi akan lebih mudah.

Satu lagi, bisnis ini tetap menarik karena adanya kemudahan dalam kemitraan. Banyak bisnis lain dari berbagai sektor yang bisa diajak kerjasama, seperti maskapai penerbangan, hotel dan berbagai pihak lainnya. 

Tips Memulai Bisnis Travel Umroh dari Awal hingga Sukses

Panduan memulai bisnis, Sumber: kemenkopukm.go.id
Panduan memulai bisnis, Sumber: kemenkopukm.go.id

Dengan peluang bisnis travel umroh yang cukup terbuka, Anda bisa menjadikan ide bisnis ini sebagai opsi yang dijalankan. Hanya saja, sebagaimana memulai bisnis travel wisata, ada beberapa tips mendasar yang harus Anda perhatikan demi kelancaran bisnis travel umroh yang Anda jalankan. 

Adapun beberapa tips yang dimaksud diantaranya adalah:

1. Mempersiapkan Modal Usaha

Tentu, untuk memulai bisnis travel umroh, hal pertama kali yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan modal usaha. Layaknya bisnis pada umumnya, modal menjadi pondasi yang sangat penting agar operasional bisnis nantinya bisa berjalan dengan baik.

Memang, besaran modal untuk memulai bisnis ini cukup beragam. Anda bisa melakukan riset untuk mengetahui detail alokasi modal yang diperlukan.

Di sisi lain jika Anda memiliki keterbatasan perihal modal, maka Anda bisa melakukan opsi alternatif lainnya. Misalnya saja, Anda bisa menjalin kerjasama dengan travel umroh lainnya. Perlu diketahui bahwa saat ini tidak sedikit pemilik travel umroh yang membuka opsi kemitraan.

2. Siapkan Tempat Usaha yang Strategis

Agar bisnis yang Anda jalankan mendapatkan lebih banyak pelanggan, maka Anda perlu menyiapkan tempat usaha yang strategis. Poin ini termasuk strategi dasar yang sebenarnya berlaku untuk semua jenis bisnis, termasuk tentu bisnis travel umroh yang hendak Anda jalankan. 

Lokasi bisnis yang strategis akan meningkatkan visibilitas bisnis Anda. Semakin mudah terlihat, maka bisa jadi ketertarikan target pasar juga akan meningkat. Serta, lokasi bisnis yang strategis secara tidak langsung mempengaruhi psikologi pelanggan untuk menebak bahwa bisnis tersebut berkualitas dan terpercaya. 

Anda mungkin perlu mempertimbangkan beberapa aspek sebelum menentukan lokasi bisnis yang strategis tersebut. Bukan hanya perihal lokasinya yang berada di pinggir jalan, melainkan juga kondisi lokasi sekitar. Pastikan jika lokasi bisnis Anda berada di kawasan ramai.

3. Tawarkan Layanan yang Berbeda

Sebagaimana disinggung di awal, bisnis travel umroh menjadi usaha bidang jasa yang begitu diminati sehingga melahirkan persaingan bisnis yang cukup ketat. Oleh karenanya, agar bisnis ini bisa bersaing dengan kompetitor lain maka Anda sebaiknya menawarkan layanan yang berbeda.

Anda bisa melakukan semacam riset kompetitor untuk melihat layanan apa saja yang disediakan oleh kompetitor. Dari hasil riset yang Anda dapatkan, Anda bisa merumuskan layanan berbeda yang dianggap lebih menarik seperti waktu umroh yang lebih lama, layanan spesial di hotel, tambahan destinasi wisata dan lainnya.

4. Sediakan Harga yang Masuk Akal

Untuk dapat bersaing dengan travel umroh lainnya sebenarnya Anda tidak perlu menurunkan harga layanan terlalu ekstrem. Memang, secara psikologis, pelanggan akan mencari harga termurah untuk layanan yang hendak mereka pilih.

Hanya saja, dalam hal ini, Anda bisa berupaya untuk menyediakan harga layanan yang masuk akal. Artinya, berusahalah untuk memberikan kesan bahwa harga layanan yang Anda tawarkan worth it dengan apa yang akan didapatkan oleh pelanggan. Meskipun, jika dibandingkan dengan layanan lainnya, Anda mematok harga yang lebih tinggi. 

5. Buat Umroh Lebih Berkesan

Tips lain yang bisa Anda terapkan agar bisnis ini berjalan lancar dan mendapatkan keuntungan yang optimal adalah berusaha membuat umroh menjadi lebih berkesan. Poin ini menunjukkan pentingnya kesan yang bisa dirasakan secara personal oleh para pelanggan.

Sebagaimana poin sebelumnya, menyediakan layanan yang lebih menarik bisa saja menjadi opsi untuk diterapkan. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan aplikasi travel umroh sebagai penunjang layanan yang diberikan.

Coba lakukan riset tentang aplikasi yang bisa diandalkan untuk layanan umroh Anda. Berbekal aplikasi tersebut, Anda bisa memanfaatkan aneka fitur yang ada untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, seperti kemudahan mendapatkan informasi seputar umroh, layanan tour guide dan lainnya.

Dengan beberapa tips di atas, menjalankan bisnis travel umroh bisa jadi akan terasa lebih menyenangkan. Hanya saja, selain memastikan pelayanan yang tepat, Anda tentu tidak boleh melupakan legalitas bisnis travel umroh karena hal ini berkaitan dengan permasalahan hukum pada pemerintah.

Urus Legalitas Bisnis Travel Umroh Anda di Legal Jogja

Jasa Pembuatan PT Jogja, Sumber: legaljogja.com
Jasa Pembuatan PT Jogja, Sumber: legaljogja.com

Perlu diketahui bahwa aspek legalitas adalah hal yang sangat krusial dalam pendirian bisnis travel umroh. Hal ini beralasan karena bisnis ini berhubungan dengan banyak entitas bisnis yang lain sehingga tanggung jawab yang dimiliki pun cenderung besar. Selain itu, legalitas bisnis juga akan memastikan kepastian hukum bagi para pelanggan. 

Nah, terkait legalitas bisnis, Legal Jogja siap membantu Anda untuk mengurusnya. Kami adalah penyedia jasa pendirian PT Kulon Progo yang bisa diandalkan untuk membantu pendirian bisnis travel umroh Anda.

Dengan layanan kami, Anda hanya perlu menyiapkan syarat pendirian PT dan menunggu di rumah hingga selesai tanpa harus ribet wara-wiri mengurusnya. Tertarik dengan layanan kami? Hubungi CS Legal Jogja dan dapatkan layanan pendirian PT lengkap dengan harga terjangkau!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top