Ingin Mengubah CV menjadi PT? Begini Caranya!

Dalam perkembangan operasional bisnis, mengubah CV menjadi PT terkadang menjadi keputusan yang diambil. Sebagaimana diketahui, mempertimbangkan bentuk usaha menjadi hal yang cukup krusial perihal operasional dan manajemen bisnis karena berhubungan dengan kepastian hukum.

Memang, pada awalnya, usaha kecil dan menengah biasanya akan memilih CV sebagai bentuk usaha. Namun, seiring berjalannya waktu dan bisnis yang terus berkembang, mempertimbangkan pengubahan bentuk badan bisnis menjadi PT bisa dijadikan pertimbangan.

Lantas, apa kelebihan PT dibandingkan CV dan bagaimana cara untuk mengubah CV menjadi PT?

Perbedaan CV dan PT

Perbedaan CV dan PT, Sumber: mas-software.com
Perbedaan CV dan PT, Sumber: mas-software.com

Bisa jadi, beberapa dari Anda merasa bahwa CV dan PT merupakan dua badan usaha yang sama saja. Oleh karenanya, apapun bentuk badan usaha yang digunakan tidak berdampak signifikan pada bisnis yang dijalankan. 

Pendapat tersebut tentu saja kurang tepat karena sebenarnya ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan antara CV dan PT. Beberapa diantaranya:

  • CV tidak memiliki besaran modal dasar yang harus disetor oleh para pendiri, sedangkan PT memiliki persyaratan modal dasar yang harus dipenuhi dengan jumlah yang sudah ditentukan
  • CV didirikan oleh dua orang atau lebih yang disebut sekutu dan memiliki status sama dalam kepemilikan, sementara PT didirikan oleh satu orang atau lebih dengan tanggung jawab terbatas pada pemiliknya
  • CV tidak memiliki batasan terkait pemberian nama, sedangkan PT memiliki peraturan tentang nama usaha yang harus unik dan tidak boleh menyerupai perusahaan lainnya
  • CV memiliki fleksibilitas yang lebih dalam penentuan tujuan dan kegiatan usaha, sementara PT harus memiliki tujuan yang jelas dan tercantum dalam anggaran dasar perusahaan

Selain beberapa poin di atas, CV dan PT juga memiliki perbedaan dari segi pajak. Dalam hal ini, CV harus membayar pajak sesuai keuntungan yang didapatkan. Di sisi lain tidak hanya membayar pajak, PT harus memberikan deviden kepada para pemegang saham.

Kelebihan PT Dibandingkan CV

Kelebihan PT dibanding CV, Sumber: assetsadobe3.com
Kelebihan PT dibanding CV, Sumber: assetsadobe3.com

Meskipun sekilas memiliki kemiripan, jika ditelaah lebih jauh, PT memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan PT. Kelebihan inilah yang bisa dijadikan alasan kenapa Anda perlu mengubah CV menjadi PT untuk urusan operasional perusahaan.

Salah satu kelebihan PT dibandingkan CV adalah adanya kepastian hukum di dalamnya. Perusahaan yang berbentuk PT mendapatkan perlindungan hukum yang jelas sehingga permasalahan hukum yang dialami nantinya bisa diatasi dengan lebih baik.

Juga, bisnis yang berbentuk PT cenderung lebih mudah mendapatkan tambahan modal. Hal ini dikarenakan dengan adanya kepastian hukum, investor cenderung lebih percaya untuk memberikan uangnya sebagai modal.

Satu lagi, bisnis yang berbentuk PT akan memiliki akses yang lebih luas, terutama terkait strategi pengembangan bisnis. Dengan kemudahan akses ini, Anda sebagai pebisnis bisa melakukan ekspansi yang terukur dan memperluas bisnis Anda guna mendapatkan lebih banyak keuntungan. 

Prosedur Mengubah CV menjadi PT yang Perlu Diketahui

Prosedur untuk mengubah CV ke PT, Sumber: cashlez.com
Prosedur untuk mengubah CV ke PT, Sumber: cashlez.com

Berbagai manfaat mendirikan PT sebagaimana disinggung sebelumnya menandakan bahwa PT cenderung lebih cocok untuk pengelolaan bisnis jangka panjang. Hanya saja, ketika ingin mengubah CV menjadi PT, ada beberapa prosedur dasar yang harus Anda perhatikan sebelumnya.

Adapun prosedur yang dimaksud diantaranya:

1. Mendapatkan Persetujuan Seluruh Sekutu

Untuk mengubah CV menjadi PT, Anda pertama kali perlu mendapatkan persetujuan dari seluruh sekutu atau pemilik CV. Kesepakatan ini tentu saja sangat penting agar nantinya tidak terjadi permasalahan lebih lanjut setelah proses pengubahan selesai.

Terkait persetujuan ini, Anda sebaiknya membuatkan berita acara dengan pernyataan yang lengkap. Berita acara tersebut nantinya bisa dijadikan dasar dan bukti persetujuan terutama untuk mengantisipasi sengketa yang mungkin terjadi.

2. Menuntaskan Perikatan CV dengan Pihak Ketiga

Jika Anda memiliki hubungan pihak ketiga dalam menjalankan CV, maka Anda perlu menuntaskannya terlebih dahulu. Poin ini merupakan prosedur mengubah CV menjadi PT yang begitu krusial karena untuk memberikan kepastian pada pihak lain yang terlibat.

Keterlibatan pihak ketiga tersebut tentu berisi hak dan kewajiban yang harus ditunaikan. Apabila permasalahan ini belum diselesaikan, maka upaya Anda untuk mengubah CV menjadi PT nantinya tidak bisa diproses lebih lanjut.

3, Menyesuaikan Anggaran Dasar

Sebagaimana disinggung sebelumnya, CV tidak memiliki anggaran dasar yang jelas. Oleh karenanya, ketika hendak mengubah CV menjadi PT, maka Anda perlu melakukan penyesuaian terkait anggaran dasar tersebut. 

Proses ini bisa dikatakan cukup lama. Oleh karenanya, menggunakan jasa akuntan publik bisa menjadi salah satu solusi yang tepat untuk memudahkan proses pembuatan anggaran dasar.

4. Pembuatan Akta Pendirian PT di Notaris

Prosedur perubahan CV menjadi PT selanjutnya adalah pembuatan akta pendirian PT di notaris resmi. Akta pendirian ini nantinya memuat anggaran dasar dan keterangan lainnya yang sesuai dengan peraturan undang-undang.

Nantinya, dalam proses ini, Anda bisa sekalian melakukan pengesanan PT. Adapun beberapa hal yang perlu dilengkapi dalam pengajuan ini adalah:

  • Nama dan tempat kedudukan PT 
  • Jangka waktu pendirian PT
  • Maksud dan tujuan serta kegiatan usaha PT
  • Jumlah modal dasar
  • Modal ditempatkan
  • Modal disetor 
  • Alamat lengkap PT

Perlu diperhatikan bahwa pengisian format tersebut harus dilakukan dengan lengkap. Serta, wajib didahului dengan pengajuan nama PT yang hendak digunakan.

5. Pengurusan oleh Menteri

Apabila proses pembuatan akta di notaris sudah selesai, maka proses selanjutnya adalah pengurusan oleh menteri. Terkait hal ini, menteri terkait akan menerbitkan keputusan tentang pengesahan badan hukum PT jika persyaratan awal sudah terpenuhi.

Nantinya, menteri juga akan menerbitkan sertifikat pendaftaran badan hukum PT secara elektronik. Anda sebagai pemohon bisa mencetaknya menggunakan kertas F4. 

Jika sudah, menteri akan mengumumkan akta pendirian PT yang sudah selesai. Terkait hal ini, akta pendirian PT akan dimasukkan dalam tambahan berita acara sekitar 14 hari terhitung sejak keputusan menteri.

Beberapa poin di atas adalah detail prosedur terkait upaya mengubah CV menjadi PT yang perlu Anda ketahui. Apabila pengurusan tersebut sudah selesai, maka bisa dilakukan Rapat Umum Pemegang Saham pertama untuk menentukan pemegang hak dan kewajiban. 

Urus Legalitas PT dengan Mudah di Legal Jogja!

Legalitas usaha, Sumber: majoo.id
Jasa pengurusan legalitas usaha, Sumber: majoo.id

Dengan bisnis yang berbentuk PT, maka akses pengembangan bisnis tersedia lebih luas. Tidak hanya itu, bisnis Anda pun akan mendapatkan kepercayaan publik yang lebih tinggi dan kemudahan mendapatkan investor untuk tambahan modal demi kelancaran bisnis Anda. 

Nah, jika Anda ingin mengubah CV menjadi PT dengan lebih mudah dan cepat, Legal Jogja siap membantu dari awal hingga akhir. Dengan layanan kami, Anda tidak perlu repot mengurus proses pengesahan badan hukum usaha yang cukup panjang dan cukup melelahkan.

Tidak hanya itu, sebagai penyedia jasa pembuatan PT Jogja terpercaya, kami senantiasa berorientasi pada kepuasan pelanggan. Oleh karenanya, selain memberikan pelayanan terbaik, kami juga menawarkan biaya pengurusan legalitas bisnis yang terjangkau!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top