Kerjasama Joint Venture, Apa Keuntungannya?

Dalam dunia bisnis yang dinamis, kerjasama joint venture telah menjadi strategi yang populer bagi perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Hal tersebut dikarenakan, joint venture memberikan sejumlah keuntungan. 

Keuntungan ini berhubungan dengan pertumbuhan bisnis, peningkatan produktivitas, hingga mendapatkan keuntungan tambahan. Keuntungan terperinci akan memandu Anda, apakah joint venture sejalan dengan kebutuhan bisnis Anda saat ini.

Silakan simak ulasan kami sebagai panduan praktis, serta pembelajaran yang berharga bagi pemula yang tertarik membangun perusahaan sendiri! 

Sekilas Tentang Joint Venture dan Contohnya

Definisi joint venture, Sumber: gramedia.com
Definisi joint venture, Sumber: gramedia.com

Joint Venture (JV) artinya adalah usaha patungan, yakni perusahaan komersial di mana dua atau lebih organisasi menggabungkan sumber daya mereka untuk mendapatkan keunggulan taktis dan strategis di pasar.

Perusahaan seringkali mengadakan usaha patungan untuk melaksanakan proyek tertentu. Mungkin merupakan proyek baru dengan produk dan layanan serupa, atau mungkin melibatkan pendirian perusahaan baru dengan aktivitas bisnis inti yang berbeda dengan perusahaan induk masing-masing.

Khusus perusahaan yang bergerak di bidang yang berkaitan dengan hajat orang banyak, joint venture sangat disarankan. Seperti perusahaan di bidang listrik, telekomunikasi, kereta api umum, penerbangan, air minum, pembangkit tenaga atom, dan media massa. 

Contoh kerjasama joint venture yang sukses yaitu kolaborasi antara perusahaan Samsung dan Spotify untuk mempermudah penggunaan layanan musik streaming Spotify di gadget Samsung. Lainnya, yaitu PT Unilever Indonesia Tbk dan PT Sayap Mas Utama (Wings).

Kolaborasi tersebut menghasilkan PT Unilever Oleochemical Indonesia (UOI) yang berfokus pada produksi oleokimia. Yakni hasil dari menggabungkan keahlian global Unilever dengan pengetahuan lokal Wings untuk menciptakan produk berkualitas tinggi.

Keuntungan Kerjasama Joint Venture

Benefit dari kerjasama joint venture, Sumber: vakilsearch.com
Benefit dari kerjasama joint venture, Sumber: vakilsearch.com

Joint venture menawarkan sejumlah keuntungan yang menjanjikan bagi perusahaan. Keuntungan kerjasama joint venture paling penting ialah dapat membantu bisnis Anda meroket lebih cepat sebagaimana berikut.

1. Akses ke Pasar dan Jaringan Distribusi Baru

Dengan memanfaatkan mitra lokal atau internasional, perusahaan yang berpartisipasi dalam joint venture dapat menembus pasar yang sulit dijangkau secara mandiri. Mencakup pasar baru di luar negeri atau memperkuat pasar domestik. 

Selain itu, joint venture juga memberikan akses ke jaringan distribusi yang sudah ada, memungkinkan perusahaan memanfaatkan infrastruktur yang ada daripada membangun dari nol. 

Hal ini memungkinkan penghematan biaya dan waktu yang signifikan, serta membantu perusahaan mencapai pelanggan yang lebih luas.

2. Peningkatan Kapasitas

Keuntungan dari segi kapasitas mencakup banyak hal. Dari sisi finansial, teknis, hingga sumber daya manusia. Dengan menggabungkan modal dan sumber daya, perusahaan dapat melaksanakan proyek-proyek yang lebih besar daripada yang mereka lakukan sendiri.

Sedangkan dalam hal sumber daya manusia, joint venture menjadi pembuka pintu bagi pengetahuan baru, keterampilan, dan pengalaman karena perusahaan yang berkolaborasi dapat belajar satu sama lain.

Selain itu, joint venture juga dapat memberikan akses ke sumber daya teknologi dan proses baru. Sehingga kemampuan teknis perusahaan meningkat. Demikian, perusahaan dapat menghasilkan produk dan layanan yang lebih inovatif dan efisien.

3. Pembagian Risiko dan Biaya dengan Mitra

Dalam Joint Venture, risiko dan biaya yang terkait dengan proyek atau bisnis di bagikan secara adil antara mitra-mitra yang terlibat. Artinya, jika sesuatu tidak berjalan seperti yang direncanakan, tidak semua beban akan ditanggung salah satu pihak. 

Pertimbangan ini sangat penting dalam bisnis yang melibatkan investasi besar dan risiko tinggi, seperti proyek-proyek infrastruktur atau ekspansi ke pasar yang belum teruji. Pembagian biaya juga berarti bahwa perusahaan-perusahaan yang berkolaborasi dapat mencapai efisiensi.

Ini membuat joint venture menjadi pilihan yang menarik bagi perusahaan yang ingin memasuki pasar baru atau memperluas bisnis mereka tanpa harus mengambil risiko dan biaya yang besar sendirian.

4. Akses Terhadap Pengetahuan dan Keahlian Baru

Joint venture memberikan kesempatan untuk mengakses pengetahuan dan keahlian baru dari mitra-mitra yang berpartisipasi. Ini dapat dirasakan semua lini bidang usaha, termasuk teknologi, manajemen, dan usaha bidang jasa

Dengan menggabungkan pengetahuan dan pengalaman mereka, perusahaan yang berkolaborasi dapat belajar satu sama lain, meningkatkan kemampuan mereka, sekaligus mempercepat inovasi. 

Misalnya, perusahaan yang berfokus pada teknologi dapat bekerja sama dengan perusahaan yang memiliki pengalaman dalam manajemen proyek besar. Perusahaan yang beroperasi di pasar internasional dapat bermitra dengan perusahaan lokal yang memahami pasar lokal lebih baik.

5. Akses Terhadap Sumber Daya yang Lebih Besar

Keuntungan kerjasama joint venture lainnya berkaitan dengan akses terhadap sumber daya yang lebih besar. Sehingga membuat perusahaan yang berkolaborasi dapat mengeksplorasi proyek-proyek yang lebih besar dan lebih kompleks daripada yang mereka lakukan secara mandiri. 

Ini juga memberi perusahaan akses ke sumber daya yang tidak tersedia secara lokal atau yang terlalu mahal untuk diperoleh sendiri. Secara tidak langsung berdampak pada perluasan portofolio bisnis untuk mencapai pertumbuhan yang lebih besar.

Joint venture menguntungkan, namun bukan berarti tanpa kekurangan. Beberapa kekurangan kerjasama joint venture yang kerap terjadi antara lain, yakni:

  • Perusahaan mitra bisa saja mengejar tujuan yang berbeda yang mengancam keberhasilan usaha
  • Ketidaksesuaian budaya dan gaya manajemen
  • dan ketidakseimbangan menyumbangkan sumber daya lebih besar oleh salah satu pihak

Risiko tersebut tidak akan terjadi pada kerjasama joint venture jika Anda menerapkan strategi pengembangan bisnis yang jelas sejak awal. Terutama yang terkait legalitas hukum. Jika Anda ingin mengurus legalitas usaha, Legal Jogja siap menjadi partner yang bisa diandalkan.

Jasa Pembuatan PT Jogja, Sumber: legaljogja.com
Jasa Pembuatan PT Jogja, Sumber: legaljogja.com

Tidak hanya membantu perusahaan besar, Legal Jogja sebagai jasa pembuatan CV Sleman menerima pengurusan pendirian PT baru dengan cepat. Tertarik dengan layanan kami? Hubungi CS sekarang!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top