Sistem Bisnis Franchise, Step Awal menuju Passive Income!

Jika disimak, saat ini, sistem bisnis franchise menjadi salah satu ide bisnis yang berkembang dengan cukup pesat di Indonesia. Ya, banyak bisnis franchise yang muncul, terutama sektor makanan dan minuman, dan tersebar di berbagai tempat. 

Gambaran ini, tentu saja, bisa menjadi alasan kenapa sistem bisnis ini cukup menarik, terutama bagi Anda yang ingin mendapatkan passive income. Dengan menjadi pemilik waralaba, Anda nantinya akan memiliki jaringan bisnis yang tersebar dan akan membantu Anda mendapatkan tambahan penghasilan.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa hal terkait sistem bisnis franchise ini dan apa saja keuntungannya bagi pebisnis. Cek ulasannya!

Sekilas Tentang Bisnis Franchise

Penggambaran bisnis franchise, Sumber: corporatevision-news.com
Penggambaran bisnis franchise, Sumber: corporatevision-news.com

Beberapa kalangan menganggap model bisnis waralaba atau franchise sebagai bisnis jaringan. Pengertian tersebut sekilas memang tidak salah. Namun, dalam pengertian yang lebih detail, sistem bisnis franchise adalah sistem usaha dan kerjasama yang dilakukan dengan sebuah perjanjian pembelian hak untuk menjual produk dan jasa dari pemilik.

Ada dua agen dalam bisnis ini, yakni pemilik bisnis yang disebut franchisor dan pembeli lisensi yang disebut franchisee. Umumnya, franchisee nantinya akan memiliki hak untuk menggunakan merek produk, mendapatkan standar produksi, mendapatkan bantuan manajemen dan lainnya setelah melakukan kesepakatan.

Tentu saja, royalti menjadi bagian penting dari kesepakatan ini. Dari sinilah seorang franchisor akan mendapatkan penghasilan. Di samping itu, model bisnis waralaba juga kerap menjadi salah satu strategi pengembangan bisnis yang dijalankan. 

Keuntungan Skema Bisnis Franchise untuk Pebisnis

Keuntungan bisnis franchise, Sumber: sanity.io
Keuntungan bisnis franchise, Sumber: sanity.io

Sebagaimana disinggung sebelumnya, ada dua pihak yang terlibat dalam sistem bisnis franchise yaitu pebisnis itu sendiri atau franchisor dan pihak yang memiliki hak lisensi atau franchise. Nah, dari sisi pebisnis, ada beberapa keuntungan menarik yang didapatkan pada sistem bisnis ini. Beberapa diantaranya adalah:

1. Perkembangan Bisnis yang Lebih Masif

Dengan mengembangkan sistem franchise, bisnis yang dijalankan akan memiliki mitra yang tersebar di berbagai tempat berbeda. Tentu saja, mitra ini menggunakan brand yang sama -atau dalam kata lain bisa juga disebut sebagai cabang dari bisnis pusat.

Nah, konsep ini cukup efektif untuk mengembangkan bisnis dengan lebih masif. Pasalnya, dengan mitra yang tersebar, kesadaran brand target pasar pun secara tidak langsung akan meningkat. Nantinya, brand yang Anda miliki akan cenderung lebih mudah diingat dan tentu saja potensi mendapatkan lebih banyak pelanggan pun akan terbuka.

2. Meminimalkan Biaya Marketing

Bisa dikatakan bahwa biaya bisnis yang paling besar salah satunya adalah pemasaran atau marketing. Tanpa adanya alokasi dana yang cukup, strategi pemasaran bisa jadi akan cenderung monoton dan kurang optimal. Padahal, disadari atau tidak, persaingan bisnis laun semakin ketat.

Dengan mengaplikasikan sistem bisnis franchise pada usaha Anda, setidaknya bantuan mitra yang bergabung akan menurunkan biaya pemasaran yang diperlukan. Hal ini dikarenakan ‘beban’ pemasaran dibagi pada mitra-mitra tersebut. Secara tidak langsung, strategi ini cukup efektif untuk meningkatkan brand awareness dengan biaya lebih terjangkau.

3. Memiliki Jaringan Bisnis yang Luas

Pembeli lisensi bisnis Anda bukan hanya bisa menjadi konsumen saja, melainkan juga jaringan bisnis yang baru. Terkait hal ini, semakin banyak pihak yang membeli lisensi bisnis Anda, maka jaringan bisnis yang Anda miliki akan semakin luas.

Berbekal jaringan bisnis yang luas dan juga kuat, Anda nantinya akan memiliki portofolio bisnis yang bagus. Hal ini tentu saja akan membuat bisnis Anda semakin dipercaya.

Di sisi lain jaringan bisnis yang Anda miliki bisa juga menjadi mitra bisnis yang tepat. Bisa saja, mereka memiliki ide tentang perluasan atau manajemen yang lebih bagus untuk membangun bisnis yang lebih menguntungkan lagi. Terlebih, ide bisnis yang berdasar pada kondisi riil yang ada di lapangan.

Beberapa poin di atas menjadi keuntungan mendasar sistem bisnis franchise yang Anda jalankan. Sebagai tambahan, dari sisi sosial, dengan menerapkan konsep bisnis ini, maka Anda bisa membantu banyak pihak untuk bertumbuh bersama menjadi pebisnis yang sukses. 

Trik Sukses Bisnis Franchise

Trik sukses dalam berbisnis metode franchise, Sumber: franchising.com
Trik sukses dalam berbisnis metode franchise, Sumber: franchising.com

Memang, saat ini sistem bisnis franchise menjadi konsep bisnis yang cukup digemari. Bahkan, di Indonesia sendiri, bisnis franchise berkembang dengan sangat pesat. Artinya, ada persaingan ketat pada sistem franchise bagi hasil terutama franchise makanan.

Untuk Anda yang hendak berkecimpung dalam dunia bisnis dan menggunakan sistem ini, ada beberapa trik mendasar agar usaha franchise yang Anda jalankan bisa sukses. Beberapa tips tersebut diantaranya:

  • Memilih ide bisnis yang sesuai dan upayakan bisnis yang Anda jalankan adalah bisnis yang Anda sukai
  • Mengenali potensi pasar dari ide bisnis tersebut dan sebaiknya pilih ide bisnis dengan target pasar dari berbagai kalangan
  • Menyediakan pilihan paket yang tepat untuk memudahkan franchise memilih
  • Membuat sistem manajemen bisnis waralaba yang tepat dan transparan untuk meningkatkan kepercayaan
  • Melakukan audit pada bisnis yang sudah berjalan secara berkala untuk menyelesaikan masalah yang kemungkinan muncul

Berbekal tips di atas, Anda nantinya akan semakin mudah untuk menjalankan bisnis franchise. Sebagai tambahan, ada baiknya jika Anda juga melakukan controlling pada mitra yang bergabung termasuk memilihkan lokasi usaha yang strategis agar bisnis yang mereka jalankan bisa berkembang. Serta, jangan lupakan urusan legalitas bisnis franchise Anda!

Urus Legalitas Bisnis Anda di Legal Jogja!

Jasa Pembuatan PT Jogja, Sumber: legaljogja.com
Jasa Pembuatan PT di Jogja, Sumber: legaljogja.com

Saat menjalankan sistem bisnis franchise, legalitas menjadi hal yang tak boleh dianggap sepele. Perusahaan yang legal tentu memiliki tingkat kepercayaan yang lebih baik sehingga akan lebih banyak mitra yang tertarik. 

Berbincang tentang legalitas bisnis, Anda bisa mengurusnya dengan mudah di Legal Jogja. Kami adalah jasa pembuatan CV Bantul terpercaya yang sudah berkecimpung bertahun lamanya.

Tak perlu menunggu waktu lama, kami bisa menyelesaikan urusan pembuatan CV atau legalitas untuk bisnis Anda dengan cepat. Tentu, selain profesional, kami menawarkan layanan terbaik dengan harga terjangkau!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top