Kekurangan PT, Bisa Bikin Rugi Bisnis?

Tidak dimungkiri memang jika PT atau Perseroan Terbatas, masih menjadi opsi favorit bagi kalangan pebisnis ketika hendak mendirikan sebuah badan usaha. Ya, dengan label “PT”, maka bisnis terlihat lebih terpercaya dan akan banyak kemudahan yang didapatkan. Sayangnya, banyak pebisnis yang kerap mengabaikan perihal kekurangan PT.

Sebagaimana badan usaha lainnya, PT yang menjadi primadona banyak kalangan pebisnis, juga memiliki beberapa kekurangan. Tentu saja, kekurangan ini seharusnya menjadi pertimbangan awal sebelum opsi pendirian PT diambil agar nantinya ketika terjadi permasalahan, Anda bisa mengatasinya dengan lebih cepat.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa kekurangan PT yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk mendirikannya. Simak ulasan selengkapnya!

Sekilas Tentang PT

Mengenal istilah PT (Perseroan Terbatas), Sumber: heylaw.id
Mengenal istilah PT (Perseroan Terbatas), Sumber: heylaw.id

Sesuai yang tertulis dalam UU nomor 40 tahun 2007, PT merupakan badan hukum yang memiliki persekutuan modal serta didirikan dengan dasar perjanjian untuk melakukan kegiatan usaha. Modal yang dimaksud terbagi menjadi bentuk saham serta wajib memenuhi berbagai persyaratan sesuai dengan peraturan dan undang-undang yang ada. 

Terkait modal, saham yang dimiliki bisa diperjualbelikan. Artinya, ada kemungkinan terjadi perubahan status kepemilikan dari suatu perusahaan berbentuk PT tanpa harus membubarkan perusahaan itu sendiri. 

Selain terkait kepemilikan saham, ciri-ciri PT lainnya adalah PT tidak memperoleh fasilitas apapun dari negara. Hal inilah yang membuat PT berbeda dengan badan usaha lain, seperti BUMD. 

Kekurangan PT yang Perlu Diketahui

Kekurangan dari PT, Sumber: officenow.co.id
Kekurangan dari PT, Sumber: officenow.co.id

Seperti yang dibahas sebelumnya, ada beberapa kekurangan PT yang perlu diketahui dan dijadikan pertimbangan sebelum pendirian. Berbekal pengetahuan yang dimiliki, nantinya Anda akan memiliki kesiapan yang lebih baik untuk menghadapi tantangan dan permasalahan yang mungkin muncul.

Adapun beberapa kekurangan PT yang dimaksud diantaranya adalah:

1. Kompleksitas Pendirian

Salah satu hal yang menjadi kekurangan PT adalah kompleksitas dalam pendiriannya. Berbeda dengan pendirian badan usaha lainnya terutama yang berbasis perseorangan atau mitra, PT memang memerlukan upaya yang lebih panjang. Ada beberapa tahapan kompleks yang harus dilalui.

Dari kompleksitas yang ada bisa disimpulkan bahwa pendirian PT memerlukan waktu yang tidak sebentar. Selain itu, dari segi biaya, Anda pun nantinya akan memerlukan biaya yang cenderung lebih besar. Inilah kenapa sebelum memutuskan pendirian PT sebagai salah satu strategi pengembangan bisnis, Anda perlu menyiapkan budget yang diperlukan. 

2. Pembagian Kepemilikan dan Kontrol yang Rumit

Hal lain yang juga menjadi kekurangan PT adalah perihal pembagian kepemilikan dan juga kontrol. Sebagaimana diketahui, PT memiliki struktur kepemilikan yang lebih kompleks termasuk dengan adanya dewan direksi dan juga pemegang saham.

Kompleksitas yang ada dalam struktur manajemen bisa berimbas pada keputusan yang hendak diambil. Bisa jadi, di antara pemegang wewenang dalam perusahaan tersebut terjadi perbedaan pendapat yang tidak mudah diselesaikan.

Selain itu, nasib yang kurang mengenakan bisa terjadi pada pemilik saham minoritas. Ketika pemilik saham mayoritas mengambil keputusan tertentu, mereka tidak memiliki bargaining position yang kuat sehingga tidak bisa mengutarakan pendapat meskipun sebenarnya tidak setuju dengan keputusan tersebut.

3. Adanya Regulasi yang Harus Ditaati

Adanya regulasi tertentu yang harus ditaati juga menjadi bagian dari kekurangan PT yang perlu disadari. Terkait hal ini, PT harus mematuhi adanya berbagai peraturan serta persyaratan hukum yang ditetapkan oleh pemerintah.

Misalnya saja, untuk perusahaan berbentuk PT, pemerintah mengharuskan perusahaan untuk merilis laporan keuangan resmi secara teratur dan mematuhi peraturan terkait pembayaran pajak.

Hal semacam ini secara umum bisa saja di-manage dengan baik. Namun, dalam kondisi tertentu, bisa jadi menjadi hal yang melelahkan karena bisa memakan waktu yang cukup banyak, sekaligus memerlukan SDM khusus dan juga biaya tambahan.

Selain beberapa poin di atas, Anda perlu menyadari bahwa PT memiliki keterbatasan terkait fleksibilitas. Perusahaan berbentuk PT tidak bebas dan harus tunduk pada peraturan pemerintah yang ada. Inilah yang terkadang membuat perkembangan PT terhambat. 

Masih Perlukah Mendirikan PT untuk Bisnis?

Mendirikan PT untuk bisnis, Sumber: faspay.com
Mendirikan PT untuk bisnis, Sumber: faspay.com

Dengan berbagai kekurangan yang ada, pertanyaan yang kemudian muncul adalah masih perlukah pembentukan PT untuk sebuah perusahaan yang sedang dijalankan?

Tentu saja, jawabannya adalah pendirian PT masih diperlukan.

Alasan dari jawaban ini cukup sederhana karena ada berbagai manfaat mendirikan PT yang bisa didapatkan perusahaan ketika mendirikan PT untuk perusahaan yang dikelola. Misalnya saja, PT memiliki peluang kontinuitas perusahaan yang tinggi meskipun terjadi perubahan dalam struktur manajemen.

Selain itu, kelebihan PT adalah perusahaan nantinya bisa melakukan pengumpulan modal yang lebih mudah. Tidak hanya memiliki kredibilitas yang lebih baik, perusahaan berbentuk PT bisa menerbitkan saham dan kemudian menjualnya ke investor untuk mendapatkan tambahan modal usaha.

Urus Legalitas Bisnis hanya di Legal Jogja

Jasa Pembuatan PT Jogja, Sumber: legaljogja.com
Jasa Pembuatan PT Jogja, Sumber: legaljogja.com

Dengan adanya keuntungan besar yang akan diperoleh perusahaan ketika membuat perusahaan mereka berbentuk PT, maka pendirian PT menjadi penting dilakukan. Terlebih, jika Anda memiliki visi ke depan dengan tujuan yang jelas. 

Legal Jogja siap menjadi mitra Anda untuk mendirikan PT pada unit usaha yang Anda jalankan. Berbekal pengalaman di bidang legalisasi bertahun-tahun, tentu kami senantiasa siap membantu Anda kapan saja secara profesional.

Tidak hanya itu, sebagai penyedia jasa pembuatan PT Sleman terpercaya, kami akan senantiasa memudahkan pelanggan berkaitan dengan persiapan syarat dan proses pendirian. Terutama, untuk Anda yang memang baru pertama kali hendak mendirikan PT.

Jadi, tunggu apalagi, segera saja hubungi CS Legal Jogja dan dapatkan layanan pendirian PT profesional dengan harga layanan yang terjangkau!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top