4 Manfaat Mendirikan PT bagi UKM, Bisnis Lebih Profesional!

Fakta bahwa persaingan bisnis UKM yang semakin ketat dari waktu ke waktu perlu disikapi dengan bijak dan penerapan strategi yang tepat. Pendirian PT menjadi salah satu upaya yang sangat disarankan bagi UKM untuk tetap eksis. Pasalnya, manfaat mendirikan PT secara langsung akan dirasakan dalam pengelolaan bisnis UKM.

Memang, tak sedikit pelaku UKM yang menganggap pendirian PT bukan hal penting bagi bisnis mereka. Adanya syarat mendirikan PT yang dirasa ribet menjadi alasan keengganan tersebut. Padahal, sebenarnya, pendirian PT bisa dilakukan dengan sangat mudah dan tentu saja tidak memerlukan biaya yang besar.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas kenapa Anda perlu mendirikan PT untuk bisnis UKM yang Anda jalankan. Simak ulasannya!

Sekilas Tentang PT

Mengenal PT (Perseroan Terbatas), Sumber: sah.co.id
Mengenal PT (Perseroan Terbatas), Sumber: sah.co.id

Dalam pengertian singkat, PT atau Perseroan Terbatas merupakan badan hukum berupa persekutuan modal serta didirikan berdasar pada perjanjian untuk melakukan kegiatan usaha. Dalam usaha tersebut, ada modal PT yang terbagi dalam bentuk saham.

Jika dilihat dari cirinya, PT bertujuan untuk mencari keuntungan dan menjalankan fungsi komersial sekaligus fungsi ekonomi. Tidak hanya itu, PT tidak mendapatkan fasilitas negara sehingga pengelolaannya diatur secara menyeluruh oleh manajemen.

Keuntungan Mendirikan PT untuk UKM

Keuntungan mendirikan PT untuk usaha UKM, Sumber: perizinanindonesia.co.id
Keuntungan mendirikan PT untuk usaha UKM, Sumber: perizinanindonesia.co.id

Sebagaimana disinggung sebelumnya, pendirian PT sebenarnya merupakan salah satu strategi pengelolaan bisnis UKM untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat. Di sisi lain Anda juga perlu tahu bahwa ada cukup banyak keuntungan mendirikan PT yang akan didapatkan terkait pengelolaan unit bisnis.

Adapun beberapa manfaat mendirikan PT bagi pemilik UKM diantaranya adalah:

1. Adanya Perlindungan Hukum yang Didapatkan

Salah satu manfaat mendirikan PT bagi UKM adalah adanya perlindungan hukum yang akan didapatkan. Jika disimak, ada cukup banyak kasus sengketa usaha, terutama usaha yang sudah berkembang dan memiliki nama yang sama. Tentu saja, sengketa tersebut akan memberikan kerugian terutama jika Anda berada di pihak yang disangkakan bersalah. 

Nah, dengan mendirikan PT, permasalahan di atas tidak akan terjadi. Adanya PT membuat bisnis UKM yang Anda jalankan memiliki aspek legalitas yang kuat. Artinya, ketika nantinya Anda menghadapi masalah, maka kedudukan bisnis Anda cenderung lebih kuat di mata hukum. 

2. Akses Permodalan yang Lebih Mudah

Pengembangan bisnis menjadi hal krusial yang harus dijalankan. Seperti diketahui, bisnis yang berjalan adalah bisnis yang senantiasa berkembang. Hanya saja, terkadang, pemilik UKM terkendala masalah modal ketika hendak mengembangkan bisnis. Hasilnya, bisnis mereka pun stuck dan malah bisa kalah dengan kompetitor.

Perlu diketahui, manfaat mendirikan PT lain yang menjadi alasan pentingnya pendirian PT untuk bisnis Anda adalah akses modal yang lebih mudah. Dibandingkan bisnis perseorangan yang tidak berbentuk, usaha UKM yang sudah berbentuk PT cenderung lebih mudah mencari investor dan modal tambahan.

Salah satu alasannya adalah adanya legalitas hukum yang dimiliki. Hal ini sejalan dengan keinginan para investor yang umumnya ingin mendapatkan jaminan dan kepastian hukum untuk modal yang mereka tanam.

3. Meningkatkan Citra Bisnis

Hal lain yang menjadi manfaat mendirikan PT adalah citra perusahaan yang meningkat. PT memang menjadi aspek legalitas bagi sebuah bisnis UKM. Dengan mendirikan PT, maka usaha Anda sudah diakui secara resmi dan mendapatkan kedudukan di ranah hukum.

Aspek legalitas yang dipenuhi tentu akan membuat bisnis yang Anda kelola memiliki tingkat kepercayaan yang lebih tinggi. Nantinya, seiring berjalannya waktu, terutama jika Anda berhasil membuktikan bahwa bisnis Anda berdaya saing, citra bisnis pun akan senantiasa menguat dan kesuksesan bisa dicapai dengan lebih mudah.

4. Manajemen Bisnis yang Lebih Jelas

Secara sederhana, tujuan mendirikan PT adalah untuk mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal. Nah, keuntungan tersebut tentu saja bisa didapatkan dengan lebih mudah terutama jika bisnis Anda memiliki manajemen bisnis yang lebih profesional, jelas dan berkualitas.

Manajemen bisnis yang lebih jelas menjadi manfaat lain yang akan didapatkan ketika Anda mendirikan PT. Pasalnya, dalam sebuah PT, struktur kepengurusan tertulis dengan lebih rapi dan arah manajemen pun lebih terstruktur.

Hal semacam ini tentu akan sangat membantu terlebih untuk keperluaan koordinasi. Nah, dengan koordinasi yang lebih padu, bukan tidak mungkin manajemen perusahaan akan lebih rapi dan rencana perusahaan akan lebih sistematis dan mudah dicapai. 

Beberapa poin di atas adalah ragam manfaat mendirikan PT yang bisa Anda dapatkan. Tentu, pendirian PT akan memberikan lebih banyak manfaat untuk bisnis UKM Anda termasuk kelangsungan bisnis yang lebih baik. 

Dengan biaya pembuatan PT yang tidak terlalu mahal, ada baiknya jika Anda tidak menunda pendirian PT. Tentu, semakin cepat Anda mendirikan PT, manfaat besar akan semakin cepat pula didapatkan. 

Mendirikan PT dengan Mudah di Legal Jogja

Jasa Pembuatan PT Jogja, Sumber: legaljogja.com
Jasa Pembuatan PT Jogja, Sumber: legaljogja.com

Bisa dikatakan, dengan berbagai manfaat yang didapatkan, pendirian PT bagi UKM adalah hal yang wajib dilakukan. Terkait pendirian PT, Legal Jogja siap membantu proses pendirian PT untuk bisnis Anda dari awal hingga kelar.

Kami adalah penyedia layanan jasa pendirian PT Sleman yang berpengalaman dan sudah menangani banyak klien. Tentu saja, kami memiliki dedikasi tinggi untuk membantu para pelaku UKM selangkah lebih maju dan memiliki daya saing yang lebih tinggi untuk menghadapi persaingan bisnis yang lebih ketat.

Segera hubungi CS kami dan konsultasikan kebutuhan Anda terkait pendirian PT untuk bisnis. Tak perlu khawatir, kami akan senantiasa menjawab semua pertanyaan dengan profesional dan ramah!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *