Pengertian EFIN dalam Pajak dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

Jika baru pertama kali melaporkan pajak dengan sistem pelaporan pajak online atau e-Filling, mungkin Anda masih asing dengan istilah EFIN pajak. Namun apa pengertian EFIN dalam pajak dan apa fungsinya?

EFIN adalah kependekan dari Electronic Filing Identification Number yang secara khusus diterbitkan oleh DJP kepada wajib pajak yang ada di Indonesia. Kegunaan nomor EFIN sendiri untuk pembayaran pajak, pengisian formulir pajak dan berbagai transaksi yang berhubungan dengan pajak.

Dengan kata lain, pengertian EFIN dalam pajak bisa dikatakan sebagai nomor identitas untuk para wajib pajak dan diluncurkan oleh Ditjen Pajak (Direktorat Jenderal Pajak) dengan tujuan melakukan transaksi terkait perpajakan berbasis online. Misalnya saja seperti pembuatan untuk kode billing saat membayar pajak. 

Oleh karena itu,, aktivitas pelaporan pajak dilakukan sesuai tanggal atau waktu laporan pajak. Tujuannya yaitu untuk menghindari sanksi setelah membayar pajak. Fungsi lain dari EFIN online ini yaitu sebagai autentikasi ketika melakukan transaksi pajak berbasis elektronik agar terjamin kerahasiaannya dan juga bisa dilakukan enkripsi.

Nah, EFIN pajak sendiri dibagi menjadi dua, yakni pribadi dan badan. Simak ulasan ini sampai akhir untuk mengetahui perbedaan keduanya.

Perbedaan EFIN Pajak Pribadi dan Badan

EFIN Pajak, Sumber: pajak.io
EFIN Pajak, Sumber: pajak.io

Pengertian EFIN dalam pajak juga dibagi lagi ke dalam EFIN pajak badan dan EFIN pajak pribadi. Maksud dari EFIN pajak badan yaitu EFIN untuk wajib pajak perusahaan atau badan usaha. Kedua jenis EFIN pajak ini jelas berbeda.

EFIN pajak pribadi atau nomor identitas wajib pajak pribadi sendiri khusus dibuat untuk para wajib pajak perorangan. Artinya, EFIN pajak ini digunakan untuk pribadi.

Nah, di samping EFIN pajak pribadi, jika Anda seorang pengusaha dan mempunyai sebuah badan usaha atau perusahaan, maka Anda juga harus mempunyai dan membuat EFIN untuk pajak badan.

Untuk keperluan pembuatan CV atau badan usaha, Anda bisa mencoba layanan jasa pembuatan CV Bantul. Dengan bantuan penyedia jasa, proses pembuatan CV akan berlangsung lebih cepat dan Anda pun tidak kerepotan. 

Apa Saja Fungsi EFIN Pajak?

Fungsi EFIN, Sumber: ruangmenyala.com
Fungsi EFIN, Sumber: ruangmenyala.com

Setelah memahami pengertian EFIN dalam pajak, lantas apa saja fungsi dari nomor identitas wajib pajak ini?

Ada beberapa fungsi EFIN bagi wajib pajak, antara lain: 

  • Fungsi EFIN sebagai langkah autentikasi supaya transaksi pajak secara online dapat dilakukan enkripsi, karenanya bisa menjamin kerahasiaan terhadap data perpajakan.
  • Manfaat paling besar dari EFIN yaitu bisa menghemat lebih banyak waktu.
  • Jika sudah punya EFIN, maka wajib pajak bisa mengakses, bertransaksi secara online serta melakukan pelaporan SPT tahunan dengan mudah tanpa harus antri di Kantor Pelayanan Pajak. 
  • EFIN bisa menjamin kerahasiaan data wajib pajak yang ada pada sistem pajak.
  • Apabila melaporkan pajak online, data Anda akan terekam dalam database pajak. Selanjutnya di laporan pajak pada tahun selanjutnya, Anda tidak lagi harus mengisi ulang data perpajakan dari awal. 

Mengingat pentingnya EFIN Pajak terutama untuk pengecekan, apakah Anda sudah menjalankan kewajiban membayar pajak? Jika sudah, selanjutnya cek EFIN pajak secara online untuk memastikan kewajiban Anda diterima dengan tepat. Termasuk salah satu bagian cara mengurus SIUP.

Cara Cek EFIN Online dengan Mudah

Halaman website Direktoral Jendral Pajak (DJP), Sumber: pajak.go.id
Halaman website Direktoral Jendral Pajak (DJP), Sumber: pajak.go.id

Di bawah ini ada beberapa panduan cara cek EFIN online dengan mudah tanpa repot-repot ke kantor pajak: 

1. Cek EFIN Online dengan Menghubungi Nomor KPP Resmi

Pertama, Anda bisa mengecek EFIN secara online dengan menghubungi nomor telepon KPP resmi tempat Anda terdaftar. Anda bisa mengeceknya via https://www.pajak.go.id/unit-kerja

Untuk sekali panggilan hanya berlaku bagi satu permohonan pengecekan nomor EFIN saja. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan terhadap kode EFIN.

Biasanya petugas akan memverifikasi wajib pajak terlebih dahulu demi memastikan bahwa orang yang hubungi layanan ini merupakan wajib pajak.

2. Cek EFIN Online via Email KPP

Pengecekan EFIN juga bisa dilakukan lewat email dari KPP (Kantor Pelayanan Pajak) dari tempat Anda mendaftar. Adapun situs web resmi KPP dapat Anda cek via https://www.pajak.go./unit-kerja

Namun untuk satu email dari wajib pajak biasanya hanya bisa dipakai hanya untuk sekali permohonan layanan pengecekan EFIN pajak. Untuk cara pengecekan EFIN pajak via email, diantaranya:

  • Pindai formulir untuk permohonan EFIN, kemudian centang di bagian permohonan untuk melakukan cetak ulang. Anda bisa menginstalnya melalui web resmi di www.pajak.go.id/id/formulir-permohonan-EFIN.
  • Tulis email dan nomor HP yang masih berlaku dan aktif pada formulir. 
  • Foto kartu identitas, seperti KTP untuk WNI, sedangkan untuk Warga Negara Asing sendiri berupa KITAS/KITAP.
  • Selfie sambil memegang NPWP dan KTP.
  • Foto SKT (Surat Keterangan Terdaftar) atau NPWP.
  • Petugas akan melakukan verifikasi data wajib pajak.

3. Cek EFIN Pajak Melalui Layanan Kring Pajak

Anda juga bisa melakukan pengecekan nomor EFIN lewat agen kring pajak. Untuk menghubunginya, bisa langsung menelpon ke nomor layanan 1500200 dan Anda bisa memperoleh nomor EFIN. Tapi Anda harus tahu bahwa layanan yang satu ini hanya dapat dilakukan oleh Wajib Pajak Individu atau Orang Pribadi.

Selanjutnya, petugas bakal memintamu buat menyebutkan NPWP. Selanjutnya, petugas akan langsung memberikan nomor EFIN. 

Itu adalah cara mengecek EFIN dengan mudah secara online. Jika Anda sudah memahaminya, maka Anda bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan termasuk untuk keperluan pelengkap dokumen legalitas usaha

Cara Mengatasi Lupa EFIN Pajak

Setelah membuat dan memanfaatkan EFIN dalam pembayaran pajak, kendala seperti lupa EFIN pajak tentu sangat mungkin terjadi. 

Nah, untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Silahkan mendatangi kantor KPP yang terdekat. Tanpa harus pergi ke KPP tempat mendaftar.
  • Bertanya lewat chat pajak, dengan memanfaatkan layanan chat pajak yang terdapat dalam situs web DJP di ujung kanan bawah. 
  • Menghubungi Call Center dari layanan Kring Pajak di 1500200.
  • Temukan dokumen-dokumen perpajakan Anda, bisa jadi e-FIN Anda terselip.
  • Cek kembali inbox di akun email Anda.
  • Datang langsung ke KPP yang terdekat dan minta print ulang EFIN, sembari membawa KTP serta NPWP asli dan juga salinannya.

Dengan memahami pengertian EFIN dalam pajak, cara mengecek EFIN dan cara mengatasi lupa EFIN pajak maka Anda bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan dengan mudah. Termasuk untuk kebutuhan pengurusan SIUP dan legalitas usaha. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top